Penulis Utama : Bayu Purnomo Aji
NIM / NIP : F3417016
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pemungutan PBB-P2 pada BPKAD Kabupaten Pati selaku perangkat daerah yang berwenang dalam melakukan pemungutan atas pajak daerah. Serta mengukur tingkat laju pertumbuhan dan efektifitas PBB-P2 di Kabupaten Pati tahun 2016-2019.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dan pengambilan data sekunder. Wawancara dilakukan kepada pihak BPKAD Kabupaten Pati, dan data yang digunakan adalah data Laporan Realisasi PBB-P2 Tahun 2016-2019 sebagai dasar analisis data.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah analisis pertumbuhan PBB-P2 Kabupaten Pati telah berhasil menciptakan kesan pembayaran pajak yang mudah dan cepat, namun karena kurangnya ketegasan dan kesadaran dari pribadi wajib pajak, laju pertumbuhan penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan perkotaan sempat berada pada angka -1,09 pada 2017, meski begitu secara beruntun tingkat efektifitas penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan perkotaan selama 2016-2019 selalu menunjukkan angka efektif walapun masih  (<) 100. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran kepada BPKAD Kabupaten Pati agar lebih tegas kepada wajib pajak yang tidak tertib, supaya laju pertumbuhan penerimaan pajak bumi dan bangungan perdesaan perkotaan selalu meningkat.

Kata Kunci: Analisis, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan, Pati

×
Penulis Utama : Bayu Purnomo Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3417016
Tahun : 2020
Judul : Mekanisme Pemungutan dan Analisis Pertumbuhan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (Pbb-P2) sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pati Tahun 2016-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Studi Perpajakan-F3417016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hanung Triatmoko, M.Si.,Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.