Penulis Utama : Aulia Nur Azizah
NIM / NIP : F3416012
×

ABSTRAK

Pajak parkir adalah salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pemungutan pajak parkir pada BKD Kabupaten Karanganyar selaku perangkat daerah yang berwenang dalam melakukan pemungutan atas pajak daerah, selain itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengukur tingkat laju pertumbuhan dan efektifitas pajak parkir di Kabupaten Karanganyar tahun 2014-2017.
Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara teori, wawancara, serta observasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari narasumber berdasarkan hasil wawancara maupun observasi. Pengolahan data dan pembahasan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif atau dijabarkan sesuai angka dari hasil perhitungan.
Hasil dari penelitian ini adalah mekanisme pemungutan pajak parkir pada BKD Kabupaten Karanganyar belum sepenuhnya sesuai dengan undang-undang. Hal ini berdampak pada tidak stabilnya penerimaan pajak parkir dari tahun ketahun sehingga tingkat laju pertumbuhannya menunjukkan angka yang fluktuatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah BKD Kabupaten Karanganyar telah berhasil menciptakan kesan pembayaran pajak yang mudah dan cepat, namun karena kurangnya ketegasan dan kesadaran dari pribadi wajib pajak, laju pertumbuhan penerimaan pajak parkir sempat berada pada angka -8,94 pada 2017, meski begitu secara beruntun tingkat efektifitas penerimaan pajak parkir selama 2014-2017 selalu menunjukkan angka positif (>) 100.
Berdasar hasil penelitian, penulis memberikan saran kepada BKD Kabupaten Karanganyar agar lebih tegas kepada wajib pajak yang tidak tertib, supaya laju pertumbuhan penerimaan pajak parkir selalu meningkat.

Kata Kunci: Analisis, Pajak Parkir, Karanganyar

×
Penulis Utama : Aulia Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3416012
Tahun : 2019
Judul : Mekanisme Pemungutan dan Analisis Pertumbuhan Pajak Parkir Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2014-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.DIII Perpajakan-F3416012-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E, M.M, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.