Penulis Utama : Miftakhul Falaq Haris A. W.
NIM / NIP : R0214062
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Keluhan low back pain dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi keluhan low back pain antara lain adalah postur kerja dan masa kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan postur kerja dan masa kerja dengan keluhan low back pain pekerja bagian pelintingan Perusahaan Rokok Gama.


Metode : Penelitian ini adalah penelitian Observasional Analitik menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan populasi sebanyak 62 pekerja wanita. Teknik sampling  yang digunakan adalah Total Sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner REBA untuk mengukur nilai postur kerja, kuisioner Modified Oswestry Low Back Pain Disability dan untuk masa kerja menggunakan data perusahaan. Uji yang digunakan adalah Uji Korelasi Spearman dan Regresi Logistik.


Hasil : Hasil korelasi Spearman untuk menguji hubungan postur kerja dan keluhan
low back pain menunjukan terdapat hubungan yang signifikan dengan nilai p-value
= 0,014 dan kekuatan hubungan r = 0,311 menunjukan kekuatan hubungan lemah dengan arah korelasi positif. Hasil uji korelasi Spearman untuk menguji hubungan masa kerja dengan keluhan low back pain mennjukan tidak ada hubungan yang signifikan dengan nilai p-value = 0,057.


Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara postur kerja dengan keluhan low back pain namun tidak ada hubungan yang signifikan antara masa kerja dengan keluha low back pain.


Kata Kunci : Postur kerja, Masa Kerja, Keluhan Low Back Pain.

 

×
Penulis Utama : Miftakhul Falaq Haris A. W.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214062
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Postur Kerja dan Masa Kerja dengan Keluhan Low Back Pain pada Pekerja Bagian Pelintingan Perusahaan Rokok Gama Colomadu Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R.0214062-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM., M.Kes
2. Siti Rachmawati, S.ST., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.