Penulis Utama : Desi Pratama Nugrahani
NIM / NIP : C0114014
×


ABSTRAK


Masalah yang dibahas dalam penilitian ini yaitu : (1) struktur naskah ketopak Sang Pembayun karya Trisno Santosa berdasarkan teori analisis drama dan teater Soediro Satoto; (2) aspek kejiwaan tokoh pembayun berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud; (3) makna dan nilai keteguhan tokoh Pembayun. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar, Kemudian menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk tinjauan lebih lanjut.
Tujuan Penelitian ini antara lain : (1) mendeskripsikan unsur struktural yang membangun naskah ketoprak Sang Pembayun karya Trisno Santoso berdasarkan teori drama dan teater Soediro Satoto; (2) mendiskripsikan kondisi kejiwaan tokoh Pembayun berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud; (3) mengungkapkan makna dan nilai keteguhan tokoh Pembayun. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu menjadi pengetahuan dalam gambaran sebuah model pendekatan terhadap penelitian karya sastra.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian drama, teori struktural dari Soediro Satoto yang terdiri dari tema, amanat, alur, penokohan, konflik, cakapan. Dan teori psikologi sastra dengan psikoanalisis Sigmund Freud yang terdiri dari id, ego dan super ego.
Bentuk penelitian ini adalah sastra dengan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah naskah ketoprak Sang Pembayun karya Trisno Santoso yang dipentaskan oleh UKM UPKD FKIP UNS Surakarta di Pendopo Ageng Taman Budaya Jawa Tengah pada tahun 2014 dan penulis naskah yaitu Trisno Santoso. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi struktur drama dan aspek kejiwaan tokoh utama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi dan teknik wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu : (1) secara keseluruhan analisis struktural naskah ketoprak Sang Pembayun karya Trisno Santoso menunjukkan satu kesatuan yang utuh antara unsur yang satu dengan yang lain; (2) berdasarkan tinjauan psikologi sastra naskah ketoprak Sang Pembayun mengungkapkan kejiwaan para tokohnya yang memiliki berbagai masalah dalam hidup dimana id sangat berperan penting menjalankan ego dan super ego; (3) ditinjau dari makna dan nilai, naskah ketoprak Sang Pembayun karya Trisno Santoso adalah tentang sebuah keteguhan hati dan kebulatan tekad tokoh utama yaitu Pembayun.

Kata Kunci : Naskah Ketoprak Sang Pembayun, Psikologi Sastra.

 

×
Penulis Utama : Desi Pratama Nugrahani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114014
Tahun : 2018
Judul : Aspek Kejiwaan Tokoh Pembayun dalam Naskah Ketoprak Sang Pembayun Karya Trisno Santoso(Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0114014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu W., S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.