Penulis Utama : Anita Dwi Riyanti
NIM / NIP : K8414007
×

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji (1) proses terbentuknya partisipasi masyarakat melalui lembaga desa dalam pengembangan obyek wisata di Desa Gununggajah dan (2) bentuk partisipasi masyarakat melalui lembaga desa sebagai agen dalam pengembangan obyek wisata di Desa Gununggajah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah (1) sumber data primer dan (2) sumber data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa (1) wawancara terstruktur, semi terstruktur, serta tidak terstruktur dan (2) observasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan  teknik. Teknik pengambilan informan  yang digunakan adalah snowball sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis   interaktif dari Miles dan Huberman (Sugiyono, 2013:337) yang memiliki tahapan reduksi data, sajian data, dan kesimpulan data.
Hasil  penelitian  mengenai partisipasi masyarakat dalam pengembangan
obyek wisata di Desa Gununggajah menunjukkan keberhasilan dalam menerapkan Community Based Tourism. Proses terbentuknya partisipasi masyarakat melalui lembaga desa dalam pengembangan obyek wisata di Desa Gununggajah berdasarkan inisiatif dan partisipasi dari masyarakat. Pengembangan obyek wisata tidak lepas dari peran para pengelola yang terdiri dari Pemerintah Desa, Karang Taruna  Argo  Mudo,  BUMDes,  dan  tokoh  masyarakat.  Pengembangan  obyek wisata juga didukung oleh paguyuban pedagang, paguyuban ojek, paguyuban sepurmini, dan masyarakat Desa Gununggajah. Secara manajemen pengelolaan obyek wisata dipegang oleh BUMDes dan pada pelaksana lapangan dipegang oleh Karang Taruna Argo Mudo. Bentuk partisipasi masyarakat melalui lembaga desa dalam pengembangan obyek wisata di Desa Gununggajah  mengacu pada Cohen dan Uphoff (Agung, 2016:119-120) yaitu bentuk partisipasi pada tahap pengambilan keputusan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap menikmati hasil.

 

×
Penulis Utama : Anita Dwi Riyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8414007
Tahun : 2018
Judul : Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Di Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi-K 8414007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria, S.Ant, M.Hum
2. Atik Catur Budiati S.Sos, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.