Penulis Utama : Deka Cahya Febbyana
NIM / NIP : D0213031
×

ABSTRAK

Salah satu jenis media baru yang hadir dan menjadi viral dikalangan pengguna adalah media sosial. Instagram merupakan media sosial yang saat ini menjadi  lifestyle  trending. Instagram merupakan sebuah  media sosial yang memungkinkan pengguna dapat berbagi foto dan video, serta berbagi moment aktifitas melalui foto atau video. Dengan mengutamakan layanan posting foto dan video, Instagram tidak hanya dijadikan media untuk sekedar having fun, tetapi juga dimanfaatkan banyak pebisnis sebagai media pemasaran. Salah satu pertimbangan yang dilakukan oleh pengguna Instagram adalah konten yang disediakan oleh pengguna lain. Fenomena yang sering terjadi adalah banyak akun-akun Instagram yang mendadak terkenal hanya karena konten yang mereka sediakan pada user profil bar mereka. Melihat fenomena tersebut, banyak pebisnis Coffee Shop yang menggunakan Instagram sebagai media pemasaran dengan memperhatikan konten pada Instagram dengan tujuan menarik minat berkunjung konsumen. Salah satu Coffee Shop di Yogyakarta yang telah menggunakan Instagram sebagai media pemasaran adalah Klinik Kopi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stimulus-Organism-Response. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 135 orang konsumen yang berkunjung ke Klinik Kopi dengan kriteria memiliki akun Instagram. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Konten Instagram yang meliputi Kandungan Pesan Foto (F), Gaya Komunikasi (GK) dan Kualitas Informasi (KI)  mempengaruhi Minat Berkunjung Konsumen (MB) ke Klinik Kopi sebesar 57,6%, sedangkan 42,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Penelitian menunjukkan bahwa Kandungan Pesan Foto (F) memiliki koefisien regresi sebesar 0,284, Gaya Komunikasi (GK) memiliki koefisien regresi sebesar 0,400 dan Kualitas Informasi (KI) memiliki koefisien regresi sebesar 0,595. Variabel Kualitas Informasi (KI)  mempunyai nilai koefisien beta tertinggi dibandingkan variabel independen lainnya sehingga variabel Kualitas Informasi (KI) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel Minat Berkunjung Konsumen (MB) ke Klinik Kopi

Kata Kunci: Konten Instagram, Minat Berkunjung, New Media

 

×
Penulis Utama : Deka Cahya Febbyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213031
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Konten Instagram Terhadap Minat Berkunjung Konsumen: (Studi Kuantitatif mengenai Pengaruh Kandungan Pesan Foto, Gaya Komunikasi dan Kualitas Informasi pada akun Instagram Klinik Kopi terhadap Minat Berkunjung Konsumen ke Klinik Kopi di Yogyakarta tahun 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Komunikasi-D0213031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 4. Likha Sari Anggreni, S.Sos, M.Soc. Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.