Penulis Utama : Eko Dyah Ningsih
NIM / NIP : F3315024
×

ABSTRAK

Tujuan utuma dari penelitian ini adalah mengetahui sistem informasi akuntansi penjualan yang diterapkan pada usaha sablon K37, dan merancang sistem informasi akuntansi penjualan berbasis Microsoft Acess 2016 untuk usaha sablon K37.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Teknik yang digunakan untuk penumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. (a) Teknik analisis kelemahan sistem lama menggunakan metode PIECES yang hasilnya digunakan untuk pengembangan sistem yang baru; (b) Desain sistem meliputi pemodelan database, desain relationship, desain tampilan, dan penerapan sistem akuntansi berbasis Microsoft Acess 2016.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan yang berjalan pada usaha K37 masih manualdan sederhana. Fungsi yang terkait fungsi penjualan, fungsi produksi, dan fungsi pengemasan; Dokumen yang digunakan antara lain catatan order pembelian dan resi pengirirman barang ; prosedur yang membentuk sistem sangat sederhana; terjadinya perangkapan kerja karyawan pada bagian penerimaan pesanan dan bagian pengemasan. Perancangan sistem informasi akuntansi pada K37 berdasarkan analisis PIECES menunjukkan bahwa sistem baru memberikan manfaat dan keuntungan yang lebih besar, kebutuhan untuk pengembangan sistem dapat dipenuhi dengan baik; Desain program terdiri dari desain database, desain input, dan desain output dengan menggunakan aplikasi Microsoft Acess 2016. Penerapan sistem informasi akuntansi yang baru dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan jual-beli.

Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Penjualan, Perancangan Sistem

 

×
Penulis Utama : Eko Dyah Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3315024
Tahun : 2018
Judul : Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada Usaha Sablon K37
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi DIII Akuntansi - F3315024 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anis Widjajanto, SE, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.