Penulis Utama : Ahmad Shofwan Khusnaini
NIM / NIP : F0313006
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Bagi Hasil (DBH) terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan Belanja Modal (BM) sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari kabupaten/ kota di Pulau Kalimantan tahun 2014-2017, yang merupakan time series. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, dan analisis jalur (Path analysis) untuk menguji pengaruh variabel intervening. 

Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Dana Alokasi Khusus (DAK) memberikan hasil negatif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Dana Bagi Hasil (DBH) memiliki hasil yang negatif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Belanja Modal (BM) hanya mampu mengintervensi pengaruh DAK dan DBH terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Namun, Belanja Modal (BM) tidak mampu mengintervensi pengaruh PAD terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), Belanja Modal, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

×
Penulis Utama : Ahmad Shofwan Khusnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313006
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Khusus, dan Dana bagi Hasil Terhadap Indeks Pembangunan Manusia dengan Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pemerintah Kabupaten/ Kota di Pulau Kalimantan 2014-2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Studi Akuntansi-F0313006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sulardi, S.E., M.Si., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.