Penulis Utama : Windi Sartika Swiji Ningrum
NIM / NIP : B3215056
×

ABSTRAK
Tugas akhir ini membahas tentang Daya Tarik Wisata yang ada di Rumah Produksi Teh Gambyong yang berada di Kemuning yang dapat menarik kunjungan wisatawan. Rumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu bagaimana aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke Rumah Produksi Teh Gambyong, apa saja jenis produk hasil olahan Rumah Produksi Teh Gambyong, bagaimana inovasi produk yang dapat dilakukan untuk lebih menarik kunjungan wisatawan ke Rumah Produksi Teh Gambyong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dapat dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Rumah Produksi Teh Gambyong, mengetahui jenis produk yang dihasilkan dan mengetahui inovasi produk yang dapat dikembangkan untuk lebih meramaikan kunjungan wisatawan ke Rumah Produksi Teh Gambyong.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke Rumah Produksi Teh Gambyong dan wawancara dilakukan dengan pemilik dari Rumah Produksi Teh Gambyong dan beberapa wisatawan yang berkunjung. Selain itu dilengkapi dengan studi pustaka dengan cara menggunakan referensi yang berkaitan dengan bahasan sesuai dengan tema dan isi. Data-data yang didapatkan dikaji secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif pada laporan Tugas Akhir ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses pengolahan yang ada di Rumah Produksi Teh Gambyong dapat dijadikan sebagai aktivitas wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Varian produk yang dihasilkan berupa Teh Hitam, Teh Jahe, Teh Hijau, Teh Mint dan Teh Melati yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dari kunjungan ke Kemuning. Inovasi produk yang dapat dilakukan dengan membuat paket wisata yang dapat ditawarkan kepada calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kemuning.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Rumah Produksi Teh Gambyong memiliki daya tarik untuk dapat dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata serta hasil produksinya dapat dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kemuning dan sekitarnya.
Kata kunci : Teh Gambyong, Daya Tarik Wisata

 

×
Penulis Utama : Windi Sartika Swiji Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215056
Tahun : 2018
Judul : Rumah Produksi Teh Gambyong sebagai Daya Tarik Wisata di Kemuning Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3215056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.ST.Par., M.Mpar
2. Dra. Isnaini W.W, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.