Penulis Utama : Rosya Fathiha Nawangwulan
NIM / NIP : B3219053
×

Gedung Juang 45 Tambun merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Bekasi yang telah direvitalisasi menjadi daya tarik wisata baru yaitu Museum Bekasi Gedung Juang. Setelah lebih dari satu tahun pembukaan Museum Bekasi Gedung Juang, sayangnya masih sedikit minat masyarakat setempat maupun luar untuk berkunjung ke daya tarik wisata baru ini. Sementara itu, museum ini memiliki berbagai macam daya tarik dan koleksi museum yang berbeda dengan tempat wisata lainnya di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah, antara lain apa saja daya tarik yang ada di Museum Bekasi Gedung Juang, apa saja kendala dan hambatan yang dihadapi pengelola serta bagaimana solusinya, dan bagaimana pengembangan Museum Bekasi Gedung Juang sebagai daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Bekasi.

Penulisan laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi ke tempat penelitian, wawancara dengan pengelola Museum Bekasi Gedung Juang, studi pustaka dan studi dokumen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Museum Bekasi Gedung Juang memiliki berbagai daya tarik, diantaranya sebagai tempat rekreasi dan edukasi, memiliki Taman Juang, memiliki gaya bangunan unik khas Eropa, merupakan museum digital pertama di Kabupaten Bekasi, memiliki koleksi dan alat digital yang lengkap, dan terdapat kafe kekinian My Kopi-O!. Upaya pengembangan Museum Bekasi Gedung Juang telah dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan mengembangkan atraksi wisata yang ada seperti exploring museum, mengadakan acara Ramadhan Festival, membuat Museum Benda Cagar Budaya. Pengembangan ini dinilai masih kurang sehingga belum berhasil membuat masyarakat sekitar Kab. Bekasi berkunjung ke daya tarik wisata ini. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa inovasi seperti membuat event tentang Digitalisasi Spesial Hari Pahlawan, menambah atraksi wisata baru bersepeda dan penyewaan kostum foto, dan membuat tempat oleh-oleh dan souvenir untuk pengunjung.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Museum Bekasi Gedung Juang mampu menjadi Daya Tarik Wisata unggulan di Kabupaten Bekasi dengan memanfaatkan segala daya tarik yang ada untuk dikembangkan lagi. Serta dengan menambah upaya pengembangan dengan beberapa inovasi yang telah diberikan penulis. Selain itu, dengan mempertahankan digitalisasi yang ada, Museum Bekasi Gedung Juang nantinya dapat menjadi contoh bagi tempat wisata lainnya di Kabupaten Bekasi untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten Bekasi.

×
Penulis Utama : Rosya Fathiha Nawangwulan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3219053
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Museum Bekasi Gedung Juang Sebagai Daya Tarik Wisata Unggulan Di Kabupaten Bekasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengembangan; Daya Tarik Wisata; Museum Bekasi Gedung Juang; Wisata Sejarah dan Budaya
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tomi Agfianto, S.ST., M.Par.
Penguji : 1. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
2. Nanang Wijayanto, S.S.T., M.M. Par.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.