Penulis Utama : Thalia Samuel Suhardjo
NIM / NIP : G0114098
×

ABSTRAK

Telepon pintar merupakan ponsel yang memiliki kemampuan tingkat tinggi dengan fungsi yang hampir menyerupai komputer. Seiring dengan berkembangnya telepon pintar, penggunaan telepon pintar pun menjadi semakin pesat dari tahun ke tahun. Pemakaian telepon pintar yang terlalu intens pada pengguna dapat menyebabkan kecanduan telepon pintar. Kecanduan telepon pintar pada saat ini banyak terjadi pada mahasiswa. Hal-hal yang dapat mengarahkan mahasiswa menjadi kecanduan telepon pintar salah duanya ialah stres akademik dan pencarian sensasi.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui hubungan antara stres akademik dan pencarian sensasi dengan kecanduan telepon pintar, 2) mengetahui hubungan antara stres akademik dengan kecanduan telepon pintar, 3) mengetahui hubungan antara pencarian sensasi dengan kecanduan telepon pintar pada mahasiswa Program Studi Psikologi UNS.   
Sampel penelitian ini sebanyak 117 mahasiswa menggunakan purposive incidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala stres akademik, pencarian sensasi, dan kecanduan telepon pintar. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05) dan nilai R = 0,364. Total sumbanga efektif stres akademik dan pencarian sensasi terhadap kecanduan telepon pintar = 13,3%. Hasil uji parsial menunjukkan antara stres akademik dan kecanduan telepon pintar terdapat hubungan yang signifikan (p < 0,05; px1y = 0,000), sementara antara pencarian sensasi dan kecanduan telepon pintar tidak mempunyai hubungan yang signifikan (p > 0,05; px2y = 0,463). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara stres akademik dan pencarian sensasi dengan kecanduan telepon pintar pada mahasiswa Program Studi Psikologi UNS.  
 
Kata kunci: kecanduan telepon pintar, stres akademik, pencarian sensasi

×
Penulis Utama : Thalia Samuel Suhardjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114098
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Stres Akademik dan Pencarian Sensasi dengan Kecanduan Telepon Pintar pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Uns
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jurusan Psikologi-G0114098-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hardjono, M.Si., Psikolog
2. Afia Fitriani, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.