Penulis Utama : Rani Laelatun Nafisah
NIM / NIP : C1014039
×

ABSTRAK
Rani Laelatun Nafisah. C1014039. Nilai Pendidikan Karakter dalam cerita anak Athfalul-Ghabah Karya Muhammad Athiyah Al-Ibrasyi: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi: Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini mengungkapkan unsur intrinsik teks cerita anak Athfalul-Ghabah karya Muhammad Athiyah Al-Ibrasyi dengan teori yang dikemukakan oleh Burhan Nurgiyantoro.Selain itu, penelitian ini mengungkapkan nilai pendidikan karakter menurut kajian Mustari.Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dari sudut karya sastra, yaitu dalam karya sastra tersebut mengandung nilai sosiologi yang diambil dari suatu masyarakat.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menguraikan data-data yang ada pada teks cerita anak tersebut.
Berdasarkan penelitian, peneliti menemukan enam unsur intrinsik, yaitu: tokoh dan penokohan, alur, latar, tema, moral, dan sudut pandang. Selanjutnya, dari teks cerita anak tersebut, peneliti menemukan dua belas nilai karakter yang dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari yaitu: religius, bertanggung jawab, kerja keras, percaya diri, mandiri, patuh pada aturan sosial, respek, santun, demokratis, suka menolong, tangguh, dan berani mengambil risiko.

Kata kunci: cerita anak,  Athfalul-Ghabah, unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter.

 

×
Penulis Utama : Rani Laelatun Nafisah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1014039
Tahun : 2018
Judul : Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Anak Athfalul-GhabahKarya Muhammad ‘Athiyah Al-Ibrasyi (Kajian Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Arab- C1014039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Yanti Nurul H, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.