Penulis Utama : Fajar Nur Rohmad
NIM / NIP : K7514022
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penataan ruang kantor di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta sesuai dengan standar penataan ruang kantor yang efektif, (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penataan ruang kantor yang efektif di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta, (3) Upaya-upaya yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi informan, aktivitas, lokasi penelitian, dan dokumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang dilanjutkan dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan uji validitas triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan saling berkaitan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta sudah menerapkan asas penggunaan segenap ruang dan sudah melaksanakan asas perubahan susunan tempat kerja. Namun belum menerapkan asas jarak terpendek ditandai dengan jarak terlalu pendek antara meja kerja dengan peralatan mengganggu kenyamanan kerja dan ruang gerak pegawai. Arus kerja persuratan yang dilakukan menyilang menunjukkan bahwa asas rangkaian kerja belum terlaksana. Hal-hal terkait penataan ruang kantor yang efektif sudah dilaksanakan seperti, bagian ruang yang bekerjasama diletakkan berdekatan, bagian yang menggunakan mesin berat diletakkan di lantai bawah, bagian yang penting diletakkan dekat pimpinan, bagian yang melayani masyarakat diletakkan di bagian depan. Namun, belum menyediakan ruang untuk arsip dan penggunaan gudang belum maksimal. (2) Hambatan dalam penataan ruang kantor di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta yaitu (a) luas ruangan yang kurang memadai mengakibatkan penempatan meja kerja dengan perabotan berhimpitan, sehingga mengganggu kenyamanan pegawai dan ruang gerak pegawai. (b) Kurangnya jumlah peralatan dan perlengkapan kantor menghambat kelancaran pekerjaan. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut (a) mengusulkan penambahan luas ruangan dan (b) menambah peralatan dan perlengkapan.

Kata kunci: Tata Ruang, Ruang Kantor Efektif, Kenyamanan Kerja.

×
Penulis Utama : Fajar Nur Rohmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514022
Tahun : 2018
Judul : Analisis Tata Ruang Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP -Jur. Pend. Administrasi Perkantoran-K7514022-2018
Kata Kunci : Tata Ruang, Ruang Kantor Efektif, Kenyamanan Kerja.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
2. Jumiyanto Widodo, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak tersedia
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.