Penulis Utama : Hasnah Ayu Febriyanti
NIM / NIP : K1313029
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih tinggi antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan kartu masalah atau dengan model pembelajaran langsung pada materi sistem persamaan linear dua variabel; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang atau rendah; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang atau rendah; (4) pada masing-masing kategori kemampuan berpikir kritis, model manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih tinggi, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan kartu masalah atau dengan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 240 siswa yang terbagi kedalam 8 kelas. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 62 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 20 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data berupa data nilai ujian tengah semester I mata pelajaran matematika, metode angket untuk data kemampuan berpikir kritis siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.  
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan kartu masalah menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi sistem persamaan linear dua variabel; (2) siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa kategori kemampuan berpikir kritis rendah pada materi sistem persamaan linear dua variabel; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dari siswa kategori kemampuan berpikir kritis sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa kategori kemampuan berpikir kritis rendah; (4) pada masing-masing kategori kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan kartu masalah mempunyai prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. 
Kata kunci : Missouri Mathematics Project (MMP) , kartu masalah, kemampuan berpikir kritis, sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).

×
Penulis Utama : Hasnah Ayu Febriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313029
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Berbantuan Kartu Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 24 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Matematika-K1313029-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.,
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.