Penulis Utama : Muhammad Ardan Maulana
NIM / NIP : K3513043
×

Abstrak

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Sawit diketahui bahwa siswa memiliki masalah ketika mempelajari perakitan komputer. Hal ini terjadi karena kurangnya peralatan dan media pembelajaran. Mereka membutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempelajari perakitan komputer didalam sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Maka untuk menangani masalah tersebut akan dikembangkan sebuah media pembelajaran baru yang dapat membantu mereka belajar secara mandiri. Media pembelajaran terdiri dari modul dan aplikasi android dengan teknologi augmented reality yang diberi nama ARRAKOM (AR Rakit Komputer). Ketika ARRAKOM mendeteksi marker yang berada pada modul, aplikasi akan menampilkan obyek tiga dimensi secara langsung.
    Media pembelajaran dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap pengembangan, aplikasi dikembangkan menggunakan incremental model  dan dibuat 2 prototype dari ARRAKOM.
    Pada uji kelayakan digunakan skala likert untuk pengukuran, ARRAKOM mendapatkan prosentase nilai dari ahli media sebesar 75% sangat baik, 25% baik, 0% buruk dan 0% sangat buruk. Untuk ahli materi didapat prosentase nilai sebesar 57% sangat baik, 43% baik, 0% buruk dan 0% sangat buruk. Sedangkan dari user mendapat prosentase nilai sebesar 47% sangat baik, 43% baik, 3% buruk dan 0% buruk sekali. .Dari hasil pengujian kelayakan yang dilakukan, media pembelajaran perakitan komputer layak digunakan untuk pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci : Learning Media, Android Application, Computer Assembly, Augmented Reality

 

×
Penulis Utama : Muhammad Ardan Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513043
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul dan Aplikasi Augmented Reality Perakitan Komputer Berbasis Android untuk Siswa SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513043-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudianto Sujana, S.Kom.,M.Kom.
2. Aris Budianto,S.T.,M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.