Penulis Utama : Asmury
NIM / NIP : S831402009
×

Tujuan penelitian ini untuk  meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan modul IPA Terpadu berbasis Science, Environtment, Technology, and Society (SETS) pada tema makanan dan kesehatan tubuh yang memiliki karakteristik, kelayakan dan efektifitas.

Pada penelitian pengembangan ini menggunakan  Model R & D model siklus 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan langkah-langkah yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Penelitian diawali dengan studi pustaka dan observasi  lapangan  selanjutnya  menyusun  draft  -1  modul.  Draft-1  modul divalidasi oleh ahli materi dan teman sejawat kemudian direvisi menjadi draft -2. Selanjutnya diujicobakan  secara terbatas dan direvisi  menjadi draft-3.  Draft-3 modul  diujicobakan  pada  kelompok  besar.  Ujicoba  kelompok  besar  diawali dengan   pretest   dan   setelah   dilakukan   pembelajaran   menggunakan   modul kemudian diakhiri dengan postest. Materi modul yaitu makanan dan kesehatan tubuh kelas VIII SMP. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan angket,  lembar observasi,  dan tes. Teknik  Analisis penelitian  yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes kemampuan berpikir peningkatan N-Gain.

Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa modul IPA Terpadu berbasis SETS pada tema makanan dan kesehatan tubuh dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukan: 1) Modul IPA Terpadu berbasis SETS mempunyai karakteristik yaitu mengandung serentetan pertanyaan, materi, evaluasi, dan uji kompetensi yang dilengkapi gambar, 2) Modul IPA Terpadu berbasis SETS tema makanan dan kesehatan tubuh  memenuhi kriteria kelayakan sangat baik pada aspek materi. Hal ini ditunjukkan pada kesesuaian materi dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, kemudahan materi dipahami oleh siswa, 3) modul IPA Terpadu berbasis SETS efektif digunakan sebagai bahan ajar baru, efektivitas modul didasarkan atas hasil perhitungan N-gain yang ditinjau dari kenaikan hasil tes kognitif dan kemampuan berpikir  kritis siswa sebesar  0,6  yang  dikategorikan "sedang".

×
Penulis Utama : Asmury
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831402009
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Berbasis SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Makanan dan Kesehatan Tubuh
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Sains-S831402009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.