Penulis Utama : Mahmud Sri Ardian Ramadhon
NIM / NIP : D1415020
×

ABSTRAK
Mahmud Sri Ardian Ramadhon, D1415020, Penyiaran, 2018, PERAN DAN TUGAS EDITOR PROGRAM BERITA NET. YOGYA DI NET. BIRO YOGYAKARTA
Kuliah Kerja Media (KKM) mempunyai arti penting bagi mahasiswa dalam pengembangan skill sebagai persiapan memasuki dunia kerja. KKM sebagai media implementasi penerapan materi yang didapat selama perkuliahan serta mengenal dan mempelajari pekerjaan yang berkaitan dengan Penyiaran. Penulis Memilih Net. Biro Yogyakarta sebagai tempat Pelaksanaan KKM. Net. Biro Yogyakarta merupakan perusahaan atau instansi  yang bergerak dibidang pertelevisian.
Kehadiran televisi mampu memenuhi kebutuhan khalayak sekaligus menjadi pelengkap untuk radio dan media cetak. Seperti fungsi media massa pada umumnya, televisi memiliki informasi, pendidikan, dan membujuk, akan tetapi fungsi yang paling menonjol adalah hiburan.  Karakter televisi yang bersifat audio visual (dilihat maupun didengar) menjadi kelebihan tersendiri. Peristiwa atau kejadian penting dapat disajikan kepada khalayak secara lebih nyata dengan adanya visual dan dilengkapi audio yang saling mendukung.
Editor merupakan orang yang diberikan tanggung jawab untuk menyusn cerita secara estetis dari shot-shot yang dibuat berdasarkan skenario dan konsep yang tela direncanakan sebelunya sehingga menjadi sebuah video cerita yang utuh. Proses Editing merupakan tahapan terpenting dalam proses akhir dari sebuah produksi video / film. Karena itulah peran dan tugas seorang editor menjadi sangat penting karena tanpa adanya editor, Hasil rekaman tidak dapat tertata sesuai alur, banyak terdapat kesalahan gabar atau video. Disinilah peran dan tugas editor menjadi sangat penting dalam menyajikan sebuah tayangan yang runtut, jelas dan dapat tersampaikan pesannya kepada khalayak yang menonton.
Selama pelaksanaan KKM penulis ditempatkan di divisi Editor yang didalamnya terdapat kegiatan bidang penyiaran televisi yang sesuai dengan konsentrasi penulis. Dalam pelaksanaan KKM penulis dilibatkan dalam  kegiatan  Editing, VO, Camera Person, Liputan Berita, Admin Net. Biro Yogyakarta. KKM dilaksanakan selama dua bulan terhitung sejak tanggal 25 Februari 2018 sampai dengan 31 Mei 2018.
Dalam pelaksanaan  kegiatan KKM ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa proses editing adalah penting dalam menyajikan sebuah tayangan yang runtut, jelas, dan dapat tersampaikan pesannya kepada khalayak yang menonton.

 (Kata Kunci    : Editor, Peran Editor)

×
Penulis Utama : Mahmud Sri Ardian Ramadhon
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1415020
Tahun : 2018
Judul : Peran Dan Tugas Editor Dalam Program Berita Net. Yogya Di Net Biro Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Komunikasi Teapan-D1415020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bapak Djuminto, S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.