Penulis Utama : Muhammad Irpan Fauzi
NIM / NIP : F3515049
×

ABSTRAK
PERENCANAAN SISTEM INFORMASI PEMBANGUNAN DAERAH
OLEH BAGIAN PENYUSUNAN PROGRAM DAN PELAPORAN                 BAPPEDA KOTA SURAKARTA

Muhammad Irpan Fauzi
F3515049

    Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk meninjau penyusunan sistem informasi pembangunan daerah di bagian penysunan program dan pelaporan BAPPEDA Kota Surakarta. Tujuan yang kedua yaitu untuk mengidentifikasi kendala-kendala dan merekomendasikan alternatif solusi dalam menyusun sistem informasi pembangunan daerah di bagian penyusunan program dan pelaporan Bappeda kota Surakarta.
    Metode pembahasan yang  digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penulis mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan sistem informasi pembangunan daerah yang disusun oleh bagian penyusunan program dan pelaporan Bappeda kota Surakarta.
    Dalam perencanaan menyusun sistem informasi pembangunan daerah di Bappeda kota Surakarta ada lima tahapan yang harus ditempuh. Tahapan pertama adalah pembentukan tim, tahapan kedua yaitu rapat koordinasi, tahapan ketiga pengumpulan dan pengisian data, tahapan keempat evaluasi pengumpulan dan pengisian data dan tahapan kelima evaluasi terpadu. Didalam tahapan-tahapan tersebut tentunya Bappeda kota Surakarta memiliki kendala-kendala yang harus dihadapi. Salah satu kendala tersebut adalah kekurangan sumber data.
    Dalam pelaksanaannya, penyusunan sistem informasi pembangunan daerah di Bappeda Kota Surakarta sudah sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014, dan Permendagri nomor 8 tahun 2014 tentang sistem informasi pembangunan daerah. Akan tetapi, ditemukan berbagai kendala yang menyebabkan terhambatnya proses penyusunan sistem informasi pembangunan daerah ini. Untuk hal ini, perlu ditingkatkan lagi kinerja di setiap tahapan-tahapan dalam menyusun sistem informasi pembangunan daerah tersebut agar dapat meminimalisir kendala-kendala tersebut.

Kata Kunci : Perencanaan Sistem Informasi Pembangunan Daerah

×
Penulis Utama : Muhammad Irpan Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3515049
Tahun : 2018
Judul : Perencanaan Sistem Informasi Pembangunan Daerah Oleh Bagian Penyusunan Program Dan Pelaporan Bappeda Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3515049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, SE, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.