Penulis Utama : Silvia Winda Adisti
NIM / NIP : B3215046
×

ABSTRAK

Tujuan Penulisan adalah untuk mengetahui bagaimana proses terbentuknya Desa Wisata Menari, Untuk mengetahui bagaimana pengembangan Desa Wisata Menari dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan perekonomian pengelola Desa Wisata Menari.
Dalam penulisan laporan tugas akhir ini, digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, study dokumen, dan study pustaka dengan teknik kualitatif deskriptif. Data yang terkumpul kemudian di analisis dan dikelompokkan berdasarkan permasalahan penelitian yang ada.
Hasil Penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa tingkat pendapatan atau perekonomian masyarakat Dusun tahun dari tahun ke tahun meningkat setelah adanya Desa Wisata, karena dahulu masyarakat dusun Tanon hanya mengandalkan hasil perkebunan dan peternakan nya saja, namun sekarang sudah mempunyai penghasilan tambahan dengan menjadi pemandu lokal, menjual hasil perkebunannya, adanya Homestay dan menjadi penari di pagelaran yang ada di desa wisata menari ini, karena seluruh masyarakat dusun Tanon adalah orang yang berjiwa seni jadi tidak heran jika seluruh masyarakat dusun Tanon bisa menjadi penari semua.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah masyarakat bisa memperbaiki kondisi ekonominya dengan adanya potensi-potensi didesa wisata menari dan masyarakat juga bisa membuka usaha baru yang akan di tawarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Menari tersebut.

Kata Kunci    : Pengembangan , Pariwisata , Wisata , Desa Wisata

 

×
Penulis Utama : Silvia Winda Adisti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215046
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Desa Wisata Menari Tanon Kabupaten Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Usaha Perjalanan Wisata-B3215046-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amad Saeroji ,S.S.,M.Sc.
2. Dra.Isnaini W.W.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.