Penulis Utama : Dyta Dwi Suciani
NIM / NIP : F3515021
×

ABSTRAK

Pemerintah telah mebuat peraturan tentang mendirikan sebuah bangunan yang di kelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu. Peraturan yang dibuat untuk mendirikan sebuah bangunan bertujuan untuk memberikan kepastian hukum tentang bangunan yang akan didirikan termasuk pula didalamnya adalah kelayakan, keamanan dan kenyamanan bangunan sesuai fungsi dan gunanya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan SOP yang berkaitan dengan proses penerbiatan perizinan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada did dalamnya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi dengan cara melakukan pengamatan selama proses penerbitan perizinan IMB, penulis juga melakukan wawancara terhadap petugas yang berkaitan dengan proses penerbitan perizinan. tidak hanya itu, penulis juga mempelajari SOP yang berkaitan dengan proses penerbitan IMB dan menyesuaikan dengan proses yang di lakukan di lapangan.
Dalam proses penerbitan perizinan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta, masalah yang terjadi adalah keterbatasan pegawai di bidang IMB, minimnya pengetahuan masayarakat tentang prosedur atau persyaratan mengenai proses penerbitan IMB sehingga menyebabkan masalah kepastian waktu dalam penerbitan SK yang tidak jelas dan masyarakat juga menginginkan adanya kapastian biaya. Solusi dari masalah ini adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang IMB misalnya dengan mengadakan event. DPMPTSP perlu melakukan pengrekrutan pegawai untuk memaksimalkan pelayanan di bidang IMB.


Kata kunci : Pelayanan, Perizinan, IMB

 

×
Penulis Utama : Dyta Dwi Suciani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3515021
Tahun : 2018
Judul : Proses Penerbitan Perizinan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen Bisnis- F3515021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adnan Effendi, SE, M.Sc,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.