Penulis Utama : Prisilia Purwardhani
NIM / NIP : S351302011
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji efektifitas penyelesaian KPR macet melalui parate eksekusi lelang   di PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Solo.
Kredit  bermasalah  adalah  semua  kredit  yang  memiliki  resiko  karena debitur  telah  gagal  atau  menghadapi  masalah  dalam  memenuhi  kewajibannya yang telah ditentukan. Dalam dunia perbankan kredit bermasalah bisa timbul baik karena faktor intern maupun faktor ekstern bank sehingga dalam  pelaksanaan pemberiannya pihak bank harus benar-benar berpegang pada prinsip kehati-hatian dan prinsip-prinsip yang lain yang berkaitan dengan pemberian kredit perbankan.
Metode   penelitian   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini   termasuk penelitian hukum sosiologis atau empiris yang bersifat deskriptif. Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara.
Sebagai usaha yang penuh resiko, sebelum memberikan  KPR, seharusnya bank  melakukan  analisis  kredit   yang  seksama,  teliti,  dan   cermat   dengan didasarkan pada data yang aktual dan akurat, sehingga bank tidak akan keliru dalam mengambil keputusannya. Oleh karena itu setiap pemberian kredit tentunya
telah memenuhi ketentuan perbankan dan sesuai dengan asas perkreditan yang sehat. Demikian pula pemberian kredit telah didasarkan pada penilaian yang jujur, objektif, dan terlepas dari pengaruh pihak-pihak yang berkepentingan dengan pemohon  kredit.Berdasarkan  penelitian  ini  diperoleh  hasil  bahwa  penyelesain KPR macet pada PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Solo dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, pelunasan   dengan pengurangan tunggakan bunga dan/atau denda, subrogasi, penjualan agunan, dan alternatif lain adalah penyelesaian KPR macet dengan parate eksekusi lelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).
Parate eksekusi lelang merupakan alternative penyelesaian kredit macet yang banyak digunakan oleh lembaga keuangan di Indonesia, khususnya perbankan. Alternative penyelesaian kredit macet  menggunakan parate eksekusi lelang ini lebih disukai olehperbankan karena proses penyelenggaraannya relative
lebih sederhana dan cepat,serta berkekuatan hukum tetap.

 

Kata Kunci : KPR, Eksekusi, Parate Eksekusi Lelang

 

×
Penulis Utama : Prisilia Purwardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351302011
Tahun : 2018
Judul : Efektifitas Penyelesaian KPR Macet Melalui Parate Eksekusi Lelang (Studi Kasus PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2018
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prog. Studi Magister Kenotariatan- S351302011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.H.
2. Dr. Pujiyono, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.