Penulis Utama : Luthfi Agustin Fajriani
NIM / NIP : B3215030
×

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji mengenai Potensi Sentra Kerajinan Gitar sebagai Destinasi Wisata di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi apa saja yang dimiliki oleh sentra kerajinan gitar di Desa Mancasan, bagaimana strategi pengembangannya dan kendala apa saja yang dihadapi dalam rangka upaya pengembangan sentra kerajinan gitar sebagai destinasi wisata di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.
Penulisan laporan ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penulisan laporan ini dilakukan dengan cara observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung di tempat penelitian, interview yaitu mewawancarai langsung pengrajin gitar di Desa Mancasan dan pegawai pemerintahan yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk penelitian, studi dokumen yaitu dilakukan dengan menginventarisir data dan arsip-arsip terkait kerajinan gitar di Desa Mancasan, serta studi pustaka yaitu dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari buku yang berkaitan langsung dengan penelitian.
Hasil dari penelitian ini yaitu menjelaskan potensi-potensi yang dimiliki sentra kerajinan gitar sebagai destinasi wisata di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Strategi pengembangan apa yang dilakukan oleh pemerintah desa dan pengrajin gitar dalam upaya pengembangan sentra kerajinan gitar di Desa Mancasan. Selain itu penelitian ini juga membahas mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya pengembangan sentra kerajinan gitar di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sentra kerajinan gitar di Desa Mancasan memiliki banyak potensi-potensi wisata yang bisa dikembangkan menjadi wisata belanja maupun wisata edukasi. Strategi Pengembangan yang digunakan oleh pemerintah desa dan pengrajin diantaranya adalah mendirikan koperasi, mengadakan arisan paguyuban gitar dan mengupayakan peningkatan kedatangan pengunjung dengan promosi. Beberapa kendala yang dihadapi dalam upaya pengembangan sentra kerajinan gitar sebagai destinasi wisata di Desa Mancasan antara lain belum adanya pembinaan dari pemerintah desa untuk masyarakat mengenai pentingnya sadar wisata dan belum adanya anggaran dan yang dikhususkan untuk pengembangan sentra kerajinan gitar sebagai destinasi wisata di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Kata Kunci : Potensi, Sentra Kerajinan, Destinasi Wisata

 

×
Penulis Utama : Luthfi Agustin Fajriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215030
Tahun : 2018
Judul : Potensi Sentra Kerajinan Gitar sebagai Destinasi Wisata di Desa Mancasan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Usaha Perjalanan Wisata-B3215030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Winarno, S.E, M.H.,
2. Drs. Suharyana, M.Pd .,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.