Penulis Utama : Muhammad Fauzi Rifai
NIM / NIP : F3215040
×

ABSTRAK

Perum Bulog yang bertugas menjaga stabilitas pangan dan menyediakan produk pangan harus memperhatikan sistem distribusi karena produk tidak bisa bertahan lama selama penyimpanan seperti beras. Sistem distribusi yang efektif dan efisien serta dikelola dengan baik akan membuat konsumen merasa puas dan kualitas produk tetap terjaga.
Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah metode pembahasan deskriptif, pembahasan deskriptif adalah peneliti membuat gambaran atau deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai sistem distribusi komoditas pangan ke e-Warong yang dilakukan oleh Perum BULOG Subdivre III Surakarta. Data yang digunakan peneliti diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari jawaban narasumber sesuai bidangnya melalui wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui data intern perusahaan dan data-data lain yang relevan dengan penelitian ini.
Berdasarkan hasil pembahasan diketahui sistem distribusi komoditas pangan ke e-Warong yang dilakukan Perum BULOG Subdivre III Surakarta meliputi empat kegiatan diantaranya : Memproses Pesanan, Pergudangan, Persediaan, dan Transportasi. Masing-masing kegiatan harus dilakukan oleh orang atau bagian yang telah ditentukan sebelumnya. Setiap kegiatan juga harus disertai dokumen dan surat yang sesuai sampai akhirnya komoditas pangan sampai ke tangan Sahabat
Kesimpulan yang dapat diambil oleh peneliti yaitu bahwa sistem distribusi komoditas pangan ke e-Warong memiliki alur yang urut dan sistematis serta membutuhkan berbagai macam surat dan dokumen sebelum komoditas pangan benar-benar dapat didistribusikan ke e-Warong. Saran untuk Perum BULOG Subdivre III Surakarta sendiri adalah mencari sopir tambahan agar proses distribusi bisa berjalan lebih lancer dan mengecek kualitas barang yang akan didistribusikan kepada konsumen agar tidak menyebabkan retur barang serta menyederhanakan proses dokumen dan surat agar tidak terlalu lama alur pemesanan barang terutama pesanan dalam jumlah yang sedikit.
    
Kata Kunci : e-Warong, sistem distribusi, surat, dokumen, komoditas pangan

 

×
Penulis Utama : Muhammad Fauzi Rifai
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3215040
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Sistem Distribusi Produk Beras Ke E-WARONG Pada Perum Bulog Sub Divre III Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen Pemasaran- F3215040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aminah Sukma Dewi, S.E., M,Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.