Penulis Utama : Lisya Agustina
NIM / NIP : M3115079
×

Lisya Agustina, 2018. “PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY HAPPY  PLANI  SEBAGAI  MEDIA  PEMBELAJARAN  DAN PENGENALAN LINGKUNGAN ALAM PADA ANAK USIA DINI” Program Studi Diploma III Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Anak usia dini adalah anak usia 0 -6 tahun yang mempunyai tingkat pertumbuhan dan perkembangan khusus karena daya serap informasi mereka yang tinggi. Oleh karena itu anak perlu diajarkan ilmu pengetahuan salah satunya adalah pembelajaran mengenai lingkungan sekitar. Dengan kemajuan teknologi multimedia saat ini, dapat dimanfaatkan sebagai media dalam pengenalan lingkungan pada anak, khususnya teknologi augmented reality yang dapat menampilkan objek secara virtual. Pembuatan Aplikasi Augmented Reality  Happy Plani Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengenalan Lingkungan Alam Pada Anak Usia Dini menggunakan teknologi berbasis mobile dengan menggunakan kamera smartphone sebagai media input dari marker, yang terdiri dari 7 objek binatang beserta makanan dengan konten didalamnya. Metode yang digunakan pembuatan Aplikasi Happy Plani menggunakan metode penelitian kualitatif dan dalam metode pengembangan  yang dilakukan  menggunakan  metode  MDLC.  Hasil  pengujian fungsional aplikasi menunjukan jika komponen – komponen telah terpenuhi. Pengujian pengguna dilakukan dengan menggunakan kuisioner Google Form, dimana hasil yang bernilai baik paling mendominasi, sehingga diharapkan aplikasi ini dapat membantu anak dalam mengenali lingkungan sekitarnya.

Kata kunci: Augmented Reality, Anak Usia dini, Pembelajaran lingkungan

 

×
Penulis Utama : Lisya Agustina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115079
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Happy Plani Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengenalan Lingkungan Alam Pada Anak Usia Dini
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA-Prog. D3. Teknik Informatika- M3115079-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fendi Aji Purnomo,S.Si,M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.