Penulis Utama : Azhari Widhiyanto Saputro
NIM / NIP : D0213018
×

ABSTRAK

Diberbagai pedesaan,  banyak ditemui organisasi kepemudaan yang  dinamai sebagai Karang Taruna, organisasi yang diguanakan sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial, Karang Taruna dijadikan sebagai tempat pengembangan diri, meningkatkan kepedulian dan kerjasama antar anggota.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan alur komunikasi Top-Down, Bottom-Up, dan Horizontal yang terjadi di dalam Karang Taruna Anggrek Mas dalam upayannya meningkatkan kekompakan antar anggota, serta mengetahui kendala-kendala yang terjadi atas permasalahan tersebut. Teori yang digunakan adalah teori informasi organisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel  dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan melakukan  dokumentasi, wawancara, dan observasi langsung ke lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi organisasi yang dilakukan dilakukan secara formal maupun informal. Alur komunikasi top down yang mereka lakukan dengan menyampaikan informasi terkait instruksi dan tugas masih dilakukan dengan santai dan tegas, dilakukan secara tatap muka dan juga melalui media sosial whatsapp. Isi konten dari atas ke bawahan sering berupa pembahasan kegiatan, bercanda dan evaluasi. Upaya pengurus untuk meningkatkan kekompakan dengan cara mengadakan kegiatan seperti bazar, kerjabakti yang sifatnya tim. Komunikasi Bottom up, anggota menggunakan untuk menyampaikan pendapat kepada atasan, anggota tidak dibebani prosedur khusus untuk menyampaikan pendapat, media yang digunakan adalah tatap muka, dan media sosial whatsapp. Isi konten dari bawah ke atas sering berupa bahasan kegiatan, bercanda, dan evaluasi anggota. Komunikasi horizontal antara pengurus dengan pengurus, mereka melekaukan komunikasi melalui rapat koordinasi tatap muka, dan juga melalui media sosial whatsapp. Kendala yang dialami oleh karang taruna anggrek mas adalah seringnya terjadi perbedaan pendapat ataupun argumen antara pengurus dengan anggota maupun pengurus dengan pengurus, juga mis komunikasi antara pengurus dengan anggota yang disebabkan oleh kurang aktifnya  beberapa anggota ditambah lagi dari pemimpin ataupun ketua dalam karang taruna pun baru-baru ini kurang aktif di organisasi.

Kata kunci: Alur Komunikasi Organisasi, Karang Taruna, Kekompakan

 

×
Penulis Utama : Azhari Widhiyanto Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213018
Tahun : 2018
Judul : Alur Komunikasi dalam Organisasi Karang Taruna (Studi Deskriptif Alur Komunikasi Organisasi Karang Taruna Anggrek Mas Desa Garen, Ngemplak, Boyolali dalam Meningkatkan Kekompakan Antar Anggota)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0213018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo JK., M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.