Penulis Utama : Yosua Krista Abednego
NIM / NIP : K5414055
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui persebaran nilai tanah di Kecamatan Jebres,Kota Surakarta tahun 2018.. (2) Mengetahui pengaruh jenis penggunaan tanah, aksesibilitas tanah, kelengkapan utilitas, topografi tanah, dan harga tanah terhadap nilai tanah di  Kecamatan Jebres,Kota Surakarta tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif spasial. Populasi dalam penelitian adalah 11 kelurahan di Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dengan menggunakan wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik  pengumpulan data sekunder dengan teknik studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui persebaran nilai tanah adalah teknik  analisis peta menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan penskoran dan overlay dari lima parameter yang mempengaruhi nilai tanah yaitu penggunaan tanah, lokasi (aksesibilitas), utilitas umum, topografi tanah, dan harga tanah. Pengaruh penggunaan tanah terhadap nilai tanah dapat diketahui dari hasil overlay Peta Kelas Penggunaan Tanah dengan Peta Nilai Tanah. Pengaruh parameter aksesibilitas tanah terhadap nilai tanah dapat diketahui dari hasil overlay Peta Aksesibilitas Tanah dengan Peta Nilai Tanah. Pengaruh kelengkapan utilitas umum terhadap nilai tanah dapat diketahui dari hasil overlay Peta Kelas Utilitas Umum dengan Peta Nilai Tanah. Pengaruh topografi tanah terhadap nilai tanah dapat diketahui dari hasil overlay Peta Kelas Topografi Tanah dengan Peta Nilai Tanah, sedangkan Pengaruh harga tanah terhadap nilai tanah dapat diketahui dari hasil overlay Peta Kelas Harga Tanah dengan Peta Nilai Tanah.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan peta hasil dapat disimpulkan : 1) Persebaran nilai tanah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta diklasifikasikan menjadi 3 kelas, yaitu kelas rendah, sedang, dan tinggi. Persebaran nilai tanah rendah tersebar di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Jebres dan Mojosongo. Nilai tanah sedang tersebar di hampir seluruh kelurahan di Kecamatan Jebres kecuali Kelurahan Kepatihan Kulon dan Kepatihan wetan. Nilai tanah tinggi adalah nilai tanah yang termasuk wilayah terkecil dalam zona nilai tanah di Kecamatan Jebres, wilayah ini tersebar di seluruh Kelurahan Kepatihan Wetan, Kepatihan Kulon, dan beberapa wilayah di Kelurahan Jagalan, Jebres, Purwodiningratan, Sudiroprajan, Sewu, Pucangsawit, dan gandekan. 2) Hubungan antara penggunaan tanah, akesesbilitas tanah, kelengkapan utilitas umum, topografi tanah, dan harga tanah terhadap nilai tanah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta tahun 2018 adalah penggunaan tanah dan nilai tanah mempunyai hubungan yang berbanding lurus. Aksesibilitas tanah dan nilai tanah mempunyai hubungan yang berbanding lurus, Kelengkapan utilitas umum mempunyai hubungan yang berbanding lurus dengan nilai tanah. Topografi tanah dan nilai tanah mempunyai hubungan yang berbanding lurus. Harga tanah dan nilai tanah mempunyai hubungan yang berbanding lurus.

 

×
Penulis Utama : Yosua Krista Abednego
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414055
Tahun : 2018
Judul : Pemetaan dan Analisis Nilai Tanah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5414055-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.