Penulis Utama : Nefiana Puji Astuti
NIM / NIP : D0313052
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan tindakan sosial dalam pelayanan sosial non panti bagi warga lanjut usia di Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.  Mengingat  bahwa  pada  usia  lanjut,  secara  alami penduduk akan  lebih banyak membutuhkan perhatian, akses untuk kesehatan berikut dengan fasilitasnya, mengalami penurunan  produktivitas  dan  kondisi  fisik,  permasalahan  pemasukan  dari  yang  awalnya bekerja kemudian pensiun dan lain sebagainya. Dinamika penduduk lanjut usia itulah yang dirasa bahwa pelayanan sosial untuk mereka yang berusia lanjut itu penting. Pelayanan sosial bagi lanjut usia ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi lansia. Bentuk pelayanan sosial non panti sendiri tidak melalui panti wredha. Pelayanan sosial non panti diberikan oleh keluarga dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial yang dikemukakan Max Weber.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.  Sampel untuk penelitian ini yaitu warga yang berusia lanjut sebagai penerima pelayanan dan keluarga dengan lansia sebagai pemberi pelayanan kepada lansia serta petugas posyandu lansia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yaitu 5 keluarga lansia dan  1  pengurus  posyandu  masyarakat  sebagai  pemberi  pelayanan  dan  5  lansia  sebagai penerima  layanan.  Teknik  pengambilan  data  yang  dgunakan  dalam penelitian  ini adalah: wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data.

Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan sosial non panti diberikan oleh keluarga dan masyarakat.  Pelayanan  oleh  masyarakat  dilaksasnakan  melalui  posyandu  lansia.  Jenis pelayanan sosial non panti yang diberikan adalah pemenuhan kebutuhan fisik, fasilitas kesehatan,  dukungan  emosional  dan  kegiatan  rekreatif.  Tindakan  sosial  dalam pelayanan sosial non panti bagi warga lanjut usia di Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, umumnya tindakan sosial terlihat pada tindakan rasional instrumental. Tindakan sosial yang lain muncul pada tindakan rasional nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional.

Kata Kunci : Pelayanan sosial son panti, lansia, keluarga, posyandu lansia.

 

×
Penulis Utama : Nefiana Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313052
Tahun : 2018
Judul : Tindakan Sosial dalam Pelayanan Sosial Non Panti Bagi Warga Lanjut Usia di Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Sosiologi - D0313052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Drs. Bagus Haryono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.