Penulis Utama : Bayu Bara
NIM / NIP : D0311013
×

ABSTRAK


Partisipasi adalah kerja sama antara rakyat dan pemerintah dalam merencanakan, melaksanakan, melestarikan, dan mengembangkan hasil pembangunan. Partisipasi harus menekankan bahwa segala perkembangan masyarakat dan pembangunan merupakan proses yang hanya bisa berhasil jika hanya dijalankan bukan saja bagi, tetapi juga bersama dengan dan oleh rakyat sendiri, terlebih orang miskin. Masyarakat harus ikut secara aktif dalam menentukan dan menjalankan upaya dan program bantuan dari pemerintah, dan dengan demikian dapat menentukan keadaan hidup mereka sendiri mulai dari saat pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengawasannya hingga perawatan suatu program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika partisipasi masyarakat dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan teori rasionalitas dan birokrasi oleh Max Weber.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  evaluasi.  Penulis  menggunakan teknik   purposive   sampling   untuk   mendapatkan   informan.   Informan   pada penelitian ini   adalah pengurus TKPKD Kota Surakarta, dan ketua RT/RW di Kelurahan Gajahan, Jebres dan Gandekan . Validitas data menggunakan metode trianggulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan dinamika partisipasi masyarakat dalam pembuatan perencanaan, yang dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil dari pogarm perencanaan Musrenbangkel, PNPM dan Renstra. Partisipasi   masyarakat   merupakan   proses   dimana   masyarakat   ikut   serta mengambil bagian dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa  partisipasi  masyarakat  dalam  mengikuti  program  perencanaan     yang dimulai dari Musrenbangkel, PNPM sampai Renstra kurang maksimal. Hal ini diakibatkan karena faktor dari masyarakat yang jenuh dalam mengikuti alur perencanaan, serta faktor dari fasilitator program perencanaan yang mendominasi perannya dalam setiap tahapan perencanaan.

 


Kata Kunci : Rencana Strategis Kota Surakarta (Renstra), Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel), Progarm Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)

 

×
Penulis Utama : Bayu Bara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0311013
Tahun : 2018
Judul : Partisipasi Masyarakat dalam Pembuatan Rencana Strategis Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Sosiologi - D0311013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Akhmad Ramdhon, S.Sos.,M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.