Penulis Utama : Savira Widha Alifprilia
NIM / NIP : G0015210
×

ABSTRAK

Savira Widha Alifprilia, G0015210, 2018. Pengaruh Kadar Feritin Serum terhadap Tinggi Badan pada Anak Penderita Thalasemia Mayor di RSUD Dr. Moewardi.

Pendahuluan: Transfusi darah rutin pada penderita thalasemia mayor dapat menyebabkan   kelebihan   besi.   Ketika   konsentrasi   besi   melebihi   kapasitas transferin serum, maka akan terbentuk Non-Transferin Bound Iron (NTBI) yang bersifat toksik dan dapat merusak organ-organ, termasuk kelenjar endokrin. Kelainan endokrin yang terjadi antara lain hipogonadisme, diabetes melitus, hipoparatiroidisme,  hipotiroidisme,     defisiensi   growth  hormone  (GH),  dan kelainan endokrin lainnya. Kelainan endokrin terutama defisiensi growth hormone (GH), hipotiroidisme, dan hipogonadisme menyebabkan timbulnya manifestasi klinis berupa pertumbuhan tinggi badan yang terhambat pada pasien thalasemia mayor.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pasien thalasemia yang dirawat di Rawat Inap Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr. Moewardi  yang memenuhi  kriteria inklusi  dan eksklusi.  Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Data penelitian diambil dari buku rapor thalasemia tentang tinggi badan dan kadar feritin serum selama 1 tahun terakhir. Analisis statistik menggunakan uji korelasi Spearman dan regresi linier.

Hasil: Pada penelitian ini didapatkan 30 subjek penelitian. Terdapat 8 pasien dengan kadar feritin serum rendah-normal, dan 22 pasien dengan kadar feritin serum tinggi. Terdapat 16 pasien dengan tinggi badan pendek, dan 14 pasien dengan tinggi badan normal. Analisis dengan uji korelasi Spearman menunjukkan hasil yang signifikan antara kadar feritin serum dengan tinggi badan pasien thalasemia mayor (P = 0,006) dengan korelasi koefisien Spearman positif dengan kekuatan moderat (r = 0,494).

Simpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara kadar feritin serum terhadap tinggi badan pada anak penderita thalasemia mayor (p = 0,006).
Kata kunci: Thalasemia, kadar feritin serum, tinggi badan

 

×
Penulis Utama : Savira Widha Alifprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015210
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kadar Feritin Serum Terhadap Tinggi Badan pada Anak Penderita Thalasemia Mayor Di RSUD dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Prog. Ilmu Kedokteran-G0015210-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Riza, dr., Sp.A(K), M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.