Penulis Utama : Yenni Dwi Puspita Budi Utami
NIM / NIP : D0314085
×

ABSTRAK


Yenni Dwi Puspita Budi Utami. D0314085. 2018. “Pengembangan Usaha Kerajinan Sangkar Burung di Kampung Krajan RW 03”. Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Pada dasarnya pengembangan usaha merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua pelaku  usaha untuk  mempertahankan  jenis usaha yang ditekuninya. Tanpa adanya pengembangan usaha tentunya sebuah usaha atau bisnis tidak dapat bersaing serta bertahan di dunia ekonomi.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian skripsi ini untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh pengrajin sangkar burung untuk mengembangkan usaha dan juga faktor-faktor yang mendorong serta menghambat terjadinya pengembangan usaha. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori aksi yang dipopulerkan oleh Talcott Parsons. Penelitian ini  menggunakan  metode penelitian  kualitatif dengan  pendekatan  studi kasus. Untuk   mengumpulkan   data,   menggunakan   teknik   wawancara   mendalam, observasi  dan  studi  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  menggunakan  teknik analisis  interaktif  yang  terdiri  dari  yaitu  pengumpulan  data,  reduksi  data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Untuk menjamin validitas data menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   pengembangan   usaha   yang dilakukan oleh pengrajin dilakukan melalui berbagai cara, diantaranya yaitu membentuk koperasi yang dalam pelaksanaan koperasi diadakan peminjaman modal,   simpanan   wajib   dan   pokok,   penyediaan   bahan,   belanja   bersama, pertemuan  rutin  yang  bertujuan  untuk  mendorong  terjadinya  pengembangan usaha. Selain membentuk koperasi pengrajin juga  melakukan modernisasi alat produksi untuk mempersingkat waktu sehingga bisa menambah hasil produksi, usaha yang dilakukan selanjutnya adalah memperluas pemasaran ke pasar yang lebih besar dan menjalin kemitraan dengan RKB dan TKPKD untuk menambah ilmu guna mengembangkan usaha. Dan dalam pelaksanan pengembangan usaha terdapat  faktor-faktor  yang  mendorong  dan  menghambat  terjadinya pengembangan itu sendiri yang dilalui oleh para pengrajin untuk mengembangkan usahanya.

 

Kata Kunci: Pengembang Usaha, Kerajinan, Sangkar Burung

 

×
Penulis Utama : Yenni Dwi Puspita Budi Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0314085
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Usaha Kerajinan Sangkar Burung Di Kampung Krajan Rw 03 Mojosongo, Jebres, Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Pog. Sosiologi-D0314085-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Supriyadi SN., S.U
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.