Penulis Utama : Wildan Naufal Santora
NIM / NIP : M3115139
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi Virtual Reality kedalam sektor pariwisata yang terdapat di kota Wonogiri yaitu adalah Museum Kars Indonesia untuk memudahkan wisatawan yang baru berada di kota Wonogiri untuk mengerti dan memahami tentang wisata apa yang terdapat di Wonogiri.
Penelitian yang dikembangkan ini termasuk dalam pengembangan teknologi Virtual Reality yang berisi tentang sejarah dan pengembangan wisata yang berada di kota Wonogiri. Objek yang diteliti adalah kawasan Museum Kars Indonesia yang meliputi bangunan utama museum, bangunan pendukung diluar museum, dan objek utamanya adalah ruang peragaan lantai 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan survey dan tinjauan pustaka yang digunakan untuk menilai kelengkapan deskripsi yang digunakan sebagai parameter, dan software engine yang digunakan untuk pembuatan dalam penelitian ini adalah Unity 3D Game Engine.
Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Reality Ruang Peragaan Lantai 2 Museum Kars Indonesia berbentuk .apk yang dapat dijalankan pada perangkat Android dengan memiliki sensor gyroscope. aplikasi Virtual Reality Ruang Peragaan Lantai 2 Museum Kars Indonesia diharapkan mampu menciptakan gambaran visual terhadap wisata yang ada di kota Wonogiri, sehingga dapat dijadikan perkenalan wisata dan sebagai sarana informasi yang interaktif.
Kata Kunci: Virtual Reality, Mobile, 3D, Unity 3D, Android, Museum Kars Indonesia.

 

×
Penulis Utama : Wildan Naufal Santora
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115139
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan 3D Virtual Reality Ruang Peragaan Lantai 2 “Kars Untuk Ilmu Pengetahuan” Di Museum Kars Indonesia Menggunakan Unity 3d Game Engine Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3115139-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firma Sahrul Bahtiar, S.Kom., M.Eng.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.