Penulis Utama : Syam Risky Pahlevi
NIM / NIP : I8615037
×

ABSTRAK

Proyek akhir ini berisi perencanaan dan pembuatan sepeda listrik roda tiga dengan teknologi tilting and steering front wheel. Latar belakang proyek akhir ini adalah kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin meningkat dan kadar polusi akibat pembakaran bahan bakar minyak. Sepeda listrik roda tiga dengan teknologi tilting and steering front wheel ini diharapkan lebih ramah lingkungan dan mengurangi pencemaran udara serta mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak.
Tujuan dari proyek akhir ini menganalisa sistem penggerak listrik sepeda halfbike. Metode pengumpulan data proyek akhir meliputi kajian pustaka yang diambil dari karya ilmiah, internet, dan e-book. Tahap selanjutnya adalah perencanaan dan perancangan untuk menentukan komponen-komponen yang akan digunakan pada proyek akhir ini. Tahap terakhir yaitu proses perakitan rangkaian kelistrikan dan perhitungan. Komponen listrik sepeda listrik roda tiga dengan teknologi tilting and steering front wheel menggunakan penggerak listrik motor BLDC, baterai lithium, controller dan throttle gas. Sepeda listrik roda tiga dengan teknologi tilting and steering front wheel ini menggunakan motor DC 48V 500W dengan torsi 25 Nm dan dapat melaju dengan kecepatan 40,7 km/jam. Sepeda listrik roda tiga dengan teknologi tilting and steering front wheel menggunakan baterai lithium yang dapat bertahan 30 menit dan dapat menempuh jarak maksimal 20 km. Pada perhitungan gaya maksimum diperoleh 218,79N.
Kata kunci: sepeda listrik roda tiga dengan teknologi

 

×
Penulis Utama : Syam Risky Pahlevi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8615037
Tahun : 2018
Judul : Perencanaan Dan Pembuatan Sepeda Listrik Roda Tiga Dengan Teknologi Tilting And Steering Front Wheel (Sistem Penggerak Listrik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8615037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.