Penulis Utama : Satria Siregar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215073
Tahun : 2018
Judul : Strategi Komunikasi World Merit dalam Kampanye Sustainable Development Goals 2030 (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi World Merit dalam Kampanye Sustainable Development Goals di Yogyakarta Tahun 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D1215073-2018
Subyek : STRATEGI KOMUNIKASI WORLD MERIT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Resmi bekerjasama dengan PBB pada tahun 2015 membuat World Merit  aktif mengimplementasikan setiap projek yang mendukung SDGs di setiap country chapter nya termasuk di Yogyakarta, Indonesia. Strategi komunikasi berperan penting dalam masa perkembangan pembangunan nasional di Indonesia yang saat ini salah satunya dipengaruhi oleh jumlah banyaknya permasalahanpermasalahan yang harus diatasi dengan pengimplementasian SDGs untuk itu, perlu adanya suatu strategi komunikasi yang tepat untuk menanggulanginya
seperti.  
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh World Merit dalam kampanye Sustainable Development Goals 2030 di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dari Hafied Cangara, yakni meneliti mengenai bagaimana World Merit Yogyakarta menetapkan komunikator mereka, menetapkan target sasaran kampanye mereka, penyusunan pesan kampanye, dan pemilihan media saluran komunikasinya.Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah para director World Merit Yogyakarta. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa World Merit Yogyakarta mengemas pesan Sustainable Development Goals secara sederhana dan mudah dicerna dengan melibatkan anggota internal, komunitas mereka untuk mengambil peran sebagai komunikator. Dengan sasaran kampanye anak muda, World Merit Yogyakarta berupaya agar setiap pesan yang disampaikan dapat dipahami  diimplementasikan secara nyata kedalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh  yaitu pesan agar menghemat air, membuang sampah pada tempatnya, berbelanja produk-produk lokal untuk mendukung pertumbuhan perekonomian lokal, beersikap toleransi untuk mendukung perdamaian. World Merit Yogyakarta juga menggunakan teknik persuasi kampanye dengan menggunakan slogan Jogja We Are The Goals untuk menarik generasi muda turut andil dalam menyukseskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kata kunci:  strategi komunikasi, kampanye, Sustainable Development Goals  World Merit, World Merit Yogyakarta.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP