Penulis Utama : Christian Renata Lie
NIM / NIP : D0210022
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan masyarakat mengenai keilmuan hipnosis yang menimbulkan kerugian untuk orang yang dikenai efek atas penggunaan keilmuan ini. Mulai dari kerugian atas tindakan asusila, penipuan dan pencurian benda berharga menggunakan ilmu hipnosis. Di kota Solo sendiri terdapat suatu komunitas hipnotis yang berusaha untuk menunjukkan eksistensinya di tengah anggapan negatif dari masyarakat tersebut. Komunikasi tentunya menjadi suatu “alat” bagi komunitas untuk menyampaikan ide dan gagasan tentang keilmuan hipnosis kepada masyarakat khususnya di kota Solo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pola komunikasi yang terjadi dalam komunitas Rumah Hipnotis Solo. Mulai dari komunikasi antar pribadi dalam komunitas hingga pola komunikasi antara komunitas Rumah Hipnotis Solo dengan masyarakat kota Solo yang mendapatkan terpaan informasi dari komunitas Rumah Hipnotis Solo baik secara online maupun offline.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat enam narasumber dari komunitas yang dipilih untuk menjadi sampel atas populasi berdasarkan metode pemilihan sampel purposive sampling. Kemudian teori yang digunakan adalah teori komunikasi persuasi yang menggambarkan bagaimana cara komunitas Rumah Hipnotis Solo menyampaikan pesan komunikasi.
Hasil atas data yang terkumpul adalah peran komunikator dipegang oleh anggota komunitas dengan masyarakat kota Solo sebagai komunikannya. Isi pesan yang terkandung dalam pola komunikasi baik secara langsung atau menggunakan media, kental oleh edukasi mengenai apa itu hipnosis dan bagaimana agar citra hipnosis agar kembali baik di mata masyarakat, yang berefek terhadap kognitif pada masyarakat kota Solo. Dalam prakteknya, komunitas Rumah Hipnotis Solo menggunakan komunikasi persuasif untuk memenuhi tujuan tersebut, yang nantinya akan mempengaruhi komunikator untuk menempuh cara-cara khusus apa dalam berkomunikasi. Media yang digunakan adalah media online facebook, BBM, instagram dan website. Untuk pola komunikasi antar pribadi dalam komunitas, semua orang dalam keanggotaan dapat menjadi komunikator maupun komunikan dimana nantinya terdapat  arus  informasi  yang berkaitan  dengan  pengembangan  keilmuan hipnosis. Dalam penyampaian pesan terdapat istilah dan lambing unik yang diketahui oleh para hipnotis. Media komunikasi online juga digunakan oleh sesama anggota komunitas yaitu menggunakan BBM, facebook, line, dan instagram.

 

Kata kunci : Pola, Komunikasi, Komunitas, Hipnotis

 

×
Penulis Utama : Christian Renata Lie
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210022
Tahun : 2017
Judul : Pola Komunikasi Komunitas Rumah Hipnotis Solo di Kota Solo (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pola Komunikasi Komunitas Rumah Hipnotis Solo di kota Solo tahun 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0210022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Sutopo, JK, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.