Penulis Utama : Verdiawan Bagaskara
NIM / NIP : D0213101
×

ABSTRAK
Northeast Defenders merupakan komunitas suporter PSS Sleman yang ada di Surakarta. Komunitas ini tetap setia dan selalu hadir memberi dukungan untuk PSS di Sleman meskipun berdomisili di Surakarta. Berbeda dengan komunitas suporter lain yang ada di Surakarta, suporter PSS Sleman memiliki riwayat perseteruan dengan suporter Persis Solo sehingga menjadikan komunitas ini semakin menarik untuk diteliti pola komunikasinya, bagaimana mereka berkomunikasi untuk menjaga solidaritas antar anggota, menjaga eksistensi komunitas dan juga memberikan dukungan untuk PSS Sleman dari Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi di dalam Komunitas Northeast Defenders Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi dan teori komunikasi kelompok yang diaplikasikan dalam pola komunikasi
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan berjumlah 7 orang. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa pola komunikasi komunitas Northeast Defenders menggunakan pola komunikasi primer, sekunder, linear dan sirkular. Selain itu, pola aliran informasi dalam komunitas Northeast Defenders ini berbentuk struktur bintang sehingga setiap anggota dapat aktif berkontribusi dalam penyampaian informasi, menyampaikan pendapat maupun usulan.
Kata Kunci: Komunitas, Pola Komunikasi, Suporter

 

×
Penulis Utama : Verdiawan Bagaskara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213101
Tahun : 2018
Judul : Pola Komunikasi Komunitas Suporter PDD Sleman Northeast Defenders (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pola Komunikasi Komunitas Suporter PSS Sleman Northeast Defenders di Kota Surakarta 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Ilmu Komunikasi-D0213101-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.