Penulis Utama : Erlinda Febrianasari
NIM / NIP : H0813060
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendapatan usahatani padi hitam organik di Kabupaten Karanganyar, mengetahui kontribusi pendapatan usahatani padi hitam organik terhadap pendapatan rumah tangga petani di Kabupaten Karanganyar, mengetahui distribusi pendapatan usahatani padi hitam organik dan pendapatan rumah tangga petani padi hitam organik di Kabupaten Karanganyar. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Mojogedang, Kecamatan Karangpandan, dan Kecamatan Matesih. Responden pada penelitian adalah seluruh petani padi hitam organik yang berjumlah 32 petani. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan adalah analisis pendapatan usahatani dan pendapatan rumah tangga petani, dan Koefisien Gini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan usahatani padi hitam organik di Kabupaten Karanganyar adalah sebesar Rp3.795.931,58/RT/MT. Pendapatan usahatani padi hitam organik di Kabupaten Karanganyar memberikan kontribusi sebesar 47,33% terhadap total pendapatan rumah tangga petani. Dstribusi pendapatan usahatani padi hitam organik di Kabupaten Karanganyar terkategori tingkat kemerataan tinggi dengan nilai gini rasio sebesar 0,35 dan distribusi pendapatan rumah tangga petani padi hitam organik terkategori tingkat kemerataan sedang dengan nilai gini rasio sebesar 0,39.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan: 1) petani dapat melanjutkan usaha tani padi hitam organik lagi karena usahatani padi hitam organic berkontribusi terhadap pendapatan rumah tangga petani padi hitam organik. 2) petani diharakan mampu melakukan inovasi yang baru untuk menarik minat konsumen sehingga permintaan akan beras hitam organik menjadi kontinyu, yaitu misalkan dengan pengemasan produk beras hitam organik yang dibuat semenarik  mungkin.

 

×
Penulis Utama : Erlinda Febrianasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813060
Tahun : 2018
Judul : Analisis Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani Padi Hitam Organik di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian. Jur. Agribisnis-H0813060 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Joko Sutrisno, M. P.
2. Wiwit Rahayu, S. P., M. P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.