Penulis Utama : Faiq Murteza
NIM / NIP : G0014093
×

ABSTRAK

Latar belakang: Objective Structural Clinical Examination (OSCE) adalah salah satu metode ujian yang digunakan dalam ilmu kesehatan untuk menguji kinerja keterampilan klinis. OSCE merupakan bagian dari ujian komprehensif FK UNS dan UKMPPD. Ujian komprehensif merupakan ujian yang disenggelarakan setelah mahasiswa menyelesaikan tahap sarjana kedokteran. Sedangkan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian yang menentukan seorang mahasiswa program studi kedokteran untuk meraih gelar dokter. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret sudah mempersiapkan   mahasiswanya   untuk   menghadapi   UKMPPD   sejak   tahap preklinik. Parameter objektif untuk menilai kompetensi mahasiswa preklinik adalah  ujian  komprehensif  yang  dilaksanakan  sebelum  masuk  tahap  profesi dokter. OSCE komprehensif diharapkan dapat memprediksi performa mahasiswa dalam menghadapi OSCE UKMPPD.

Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi antara nilai OSCE komprehensif dengan nilai OSCE UKMPPD Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional secara cross sectional. Sampel terdiri dari 192 responden mahasiswa FK UNS angkatan 2011 yang telah mengikuti OSCE komprehensif dan OSCE UKMPPD. Sampel dipilih secara total sampling. Nilai OSCE komprehensif dan OSCE UKMPPD responden dianalisis dengan metode uji korelasi Pearson.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji korelasi antara nilai  OSCE  komprehensif  dengan  OSCE  UKMPPD bernilai  (r  = 0,258,  p  =
0,000)

Simpulan  penelitian:  Terdapat  korelasi  antara  nilai  OSCE  komprehensif  FK UNS dengan nilai OSCE UKMPPD.

Kata kunci: OSCE, ujian komprehensif, UKMPPD

 

×
Penulis Utama : Faiq Murteza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014093
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Nilai Osce Komprehensif dengan Nilai Osce Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran. Prog. Studi Kedokteran - G0014093-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yunia Hastami, dr, M. Med. Ed.
2. Dr. Endang Sutisna Sulaeman dr., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.