Penulis Utama : Retno Suprihatiningsih.
NIM / NIP : K1214049
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Stuktur novel Wasripin dan Satinah karya Kuntowijoyo, (2) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Wasripin dan Satinah karya Kuntowijoyo, (3) Relevansi hasil tinjauan struktural dan nilai-nilai pendidikan karakter novel Wasripin dan Satinah sebagai bahan ajar sastra di SMA.

Bentuk penelitian ini berupa penelitian deskripstif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel dan informan. Data yang digunakan berupa kutipan novel Wasripin dan Satinah serta catatan hasil wawancara. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis mengalir yaitu analisis dalam tiga
komponen yaitu reduksi, penyajian data, dan simpulan. Prosedur penelitian meliputi tiga tahap yakni: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyusunan laporan.

Berdasarkan analisis data, hasil penelitian berkesimpulan sebagai berikut: (1) struktur novel Wasripin dan Satinah karya Kuntowijoyo meliputi tema, alur, penokohan dan perwatakan, latar, dan sudut pandang saling terkait (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Wasripin dan Satinah ada 15, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli
lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, (3) novel Wasripin dan Satinah relevan sebagai bahan ajar sastra di SMA karena memenuhi kriteria kelayakan buku non teks kepribadian aspek materi dan penyajian materi.



 

 

×
Penulis Utama : Retno Suprihatiningsih.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214049
Tahun : 2018
Judul : Tinjauan Struktural dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Wasripin dan Satinah Karya Kuntowijoyo Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.,
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.