Penulis Utama : Nur Aini Fatah
NIM / NIP : S581308006
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Dehisensi luka pasca laparotomi masih menjadi komplikasi bedah dengan prevalensi 1-3%. Penatalaksanaan dehisensi saat ini dibagi menjadi penatalaksanaan non operatif atau konservatif dan operatif. Penggunaan Platelet Rich Fibrin (PRF) merupakan suatu upaya untuk terapi non operatif pada pada pasien dehisensi luka pasca operasi. Platelet Rich Fibrin adalah fraksi plasma darah dengan konsentrasi fibrin dan trombosit 3-5 kali diatas nilai normal (konsentrasi trombosit pada whole blood).

Metode Penelitian: Merupakan penelitian cross-sectional  yang dilakukan pada bulan September 2017 hingga Desember 2017, pada pasien pasca laparotomi kasus obstetri dan ginekologi yang mengalami dehisensi luka subtotal di departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Moewardi antara tahun 2013 hingga 2017. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok 1 pasien dehisensi subtotal luka pasca operasi obstetri dan ginekologi yang mendapatkan terapi non operatif konvensional, sedangkan kelompok 2  yang mendapatkan terapi non operatif dengan pemberian PRF, yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Total masing-masing kelompok 15 sampel kemudian dilakukan uji T.

Hasil: Didapatkan masng-masing 15 sampel penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi untuk masing-masing kelompok kasus dan konvensional. Uji statistik rerata lama penyembuhan luka pada kelompok konvensional lebih lama (12.60±2.58 hari) dari pada kelompok PRF (7.0±3.52 hari) dengan p=0.001 (p<0 p=0.001>

Kesimpulan: Pasien dengan pemberian PRF memiliki lama penyembuhan luka lebih cepat dengan biaya lebih murah dibandingkan terapi konvensional.

Kata Kunci: dehisensi luka pasca operasi, PRF, lama penyembuhan

 

×
Penulis Utama : Nur Aini Fatah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581308006
Tahun : 2018
Judul : Efektifitas Terapi Platelet Rich Fibrin (Prf) pada Luka Dehisensi Pasca Operasi Laparotomi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi - S581308006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdurahman Laqif, dr,SpOG(K)
2. Dr. Supriyadi Hari R, dr,SpOG(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.