Penulis Utama : Rahasto Alimarauf
NIM / NIP : C0910034
×

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan motif street photography sebagai dasar pembuatan motif tekstil dan difungsikan pada busana remaja wanita masa kini. Alasan pemilihan visual street photography karena merupakan penggambaran dunia modern yaitu dunia digital, sekaligus menawarkan visual yang unik, menarik, dan dinamis.
Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan desain motif fotografi dengan pengolahan visual street photography dengan pertimbangan fungsi busana remaja wanita masa kini.
Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil perancangan tugas akhir ini sebagai berikut: (1) Visual street photography  sebagai  motif  pada  pakaian  remaja  wanita  berhasil  membuat  7 desain motif (desain panel). Keseluruhan desain motif mengolah visual street photography berupa motif yang mengolah dari satu keutuhan sebuah foto yang mengambil terdiri atas karakter-karakter peristiwa pada aktifitas manusia. Ke 7 desain motif yang dibuat secara keseluruhan menawarkan sensasi visual yang modern atau kekinian dengan menampilkan bentuk street photography dengan karakternya yang diolah dengan warna-warna lembut dan colorful menjadi busana remaja wanita masa kini yang dinamis, dan mengikuti perkembangan gaya hidup modern. (2) Pengaplikasian desain motif street photography yang merupakan desain utuh dari pengolahan foto ke busana anak remaja khususnya laki-laki menghasilkan busana kasual yang berkesan menarik, ceria, dan nyaman. Kriteria pengaplikasian desain motif yang eksklusif untuk remaja, dimana remaja lebih suka dengan sesuatu yang eksklusif, lain daripada yang lain dan tidak ada yang menyamai dipasaran (produk terbatas). Selain itu proses produksinya menggunakan teknik digital printing menjadi pilihan dengan alasan tanpa adanya batasan warna pada output desain pada tekstil.

Kata Kunci : Street Photography, Kasual, Digital Printing

 

×
Penulis Utama : Rahasto Alimarauf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0910034
Tahun : 2017
Judul : Visual Street Photography Sebagai Motif pada Pakaian Kasual Remaja Wanita
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2017
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain- Jur. Kriya Seni/Tekstil-C0910034-2018
Kata Kunci : Street Photography, Kasual, Digital Printing
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sujadi Rahmat Hidayat, S.Sn., M.Sn.,
2. Drs. Felix Ari Dartono, M. Sn.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.