Penulis Utama : Dina Hidayat
NIM / NIP : S561308003
×

ABSTRAK

Latar Belakang :Kanker payudara berdasarkan estimasi International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012, kasus baru (insiden) kanker payudara adalah sebesar 43,1 per 100.000 perempuan, dengan angka kematian sebesar 12,9 per 100.000 perempuan.Umumnya kanker payudara mempengaruhi status gizi penderita tersebut. Penentuan status gizi dapat dilakukan dengan pengukuran antropometri seperti indeks massa tubuh.Gizi yang optimal dapat memberikan beberapa manfaat seperti mengurangi resiko infeksi.Neutropenia merupakan komplikasi yang sering terjadi selama kemoterapi yaitu 20 - 40 % pada solid tumor. Durasi dan keparahan neutropenia sering menimbulkan kejadian infeksi ketika nilai Absolute Neutrophil Count (ANC) turun dari 1000/µL sampai kurang dari 100/µL.  Neutropenia berat serta kejadian febrile neutropenia berdampak pada tertundanya dan berkurangnya dosis regimen kemoterapi sehingga dapat mengganggu outcome berupa kesembuhan dan survival pasien.
Tujuan : Mengetahui terdapat hubungan terjadinya neutropenia dengan indeks massa tubuh pada pasien kanker payudara selama kemoterapi adjuvan.
Metode :Studi observasional analitik dengan desain cross sectional untuk mempelajari menilai hubungan terjadinya neutropenia dengan indeks massa tubuh padapasien kanker payudara selama kemoterapi adjuvan di Bagian Bedah Onkologi RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Hasil : Karakteristik mayoritas pasien dengan usia 46-55 tahun yaitu ada 31 orang (36,5%), dan paling sedikit dengan usia < 35 OR =0.796 xss=removed>0,05), yang berarti IMT dengan kategori normal bukan faktor resiko dari kejadian neutropenia.Pasien dengan IMT dalam kategori gemuk cenderung terjadi neutropenia yaitu ada 40,0% orang sedangkan yang tidak terjadineutropenia24,0%. Jika dibandingkan dengan  IMT dalam kategori normal/kurus mendapatkan nilai OR =2.111 (0.536-8.322) dan p = 0,275 (p>0,05), yang berarti IMT dengan kategori gemuk bukan faktor resiko dari kejadian neutropenia.
Simpulan : Tidak terdapat hubungan antara terjadinya neutropenia dengan indeksmassa tubuh  pada pasien kankerpayudara selama kemoterapiadjuvant.

Kata Kunci: Kanker Payudara,kemoterapi adjuvant, Index Masa Tubuh,Absolute Neutrophil Count,

 

×
Penulis Utama : Dina Hidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S561308003
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Terjadinya Neutropenia dengan Indeks Massa Tubuh pada Pasien Kanker Payudara Selama Mendapatkan Kemoterapi Adjuvan di RSUD dr.Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Ilmu Bedah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana. Jur. Ilmu Bedah-S561308003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widyanti Soewoto, dr., Sp.B.(K)Onk,
2. Dr. Untung Alifianto, dr, Sp.BS,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.