Penulis Utama : Muhammad Fadli
NIM / NIP : K4211028
×

Sebuah karya sastra memiliki unsur dan nilai-nilai yang penting sehingga dapat dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan salah satunya novel Jawa. Oleh karena itu peneliti menggunakan novel Jawa yaitu novel Gedhong Setan Karya Suparto Brata sebagai obyek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Unsur struktural yang membangun novel Gedhong Setan karya  Suparto  Brata,  baik  unsur  intrinsik  dan  unsur  ekstrinsik;  (2)  Nilai pendidikan dalam novel Gedhong Setan karya Suparto Brata; dan (3) Relevansi novel Gedhong Setan karya Suparto Brata sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa pada kompetensi membaca novel di SMA kelas XI.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan struktural. Data yang diperoleh peneliti berasal dari novel Gedhong Setan  karya  Suparto  Brata,  wawancara  dengan  ahli  sastra,  guru  bidang  studi bahasa   Jawa,   dan   siswa   SMA   kelas   XI.   Teknik   pengambilan   sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis sumber tertulis atau dokumen dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalinan yang meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan.
Simpulan penelitian ini, (1) Novel ini terdiri dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik novel Gedhong Setan karya Suparto Brata. Unsur intrinsik meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, bahasa, dan sudut pandang; unsur ekstrinsik meliputi situasi sosial politik, ekonomi, dan budaya; sistem pengarang dan kepengarangan; sistem penerbit dan penerbitan; serta sistem pembaca; (2) Novel Gedhong Setan karya Suparto Brata mengandung berbagai nilai-nilai pendidikan yaitu nilai keagamaan, nilai kesusilaan (moral), nilai sosial, dan nilai kultural; dan (3) Relevansi novel Gedhong Setan karya Suparto Brata terhadap materi pembelajaran bahasa Jawa di SMA kelas XI adalah novel ini isinya cocok untuk siswa SMA kelas XI serta bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh siswa SMA kelas XI sehingga novel ini dapat digunakan sebagai materi ajar siswa SMA kelas XI.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Fadli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4211028
Tahun : 2017
Judul : Analisis Struktural Dan Nilai Pendidikan Novel Gedhong Setan Karya Suparto Brata Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Memahami Isi Petikan Teks Novel Berbahasa Jawa Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Jawa-K4211028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Drs. Edy Suryanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.