Penulis Utama : Wiwen Indita
NIM / NIP : S021508081
×

Abstrak

Latar Belakang: Salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia adalah status gizi, terutama pada kelompok usia rawan gizi yaitu anak bawah lima tahun (balita). Kurangnya pengetahuan ibu dan buruknya sanitasi lingkungan rumah mengakibatkan tingginya kasus gizi kurang dan buruk pada anak balita. Pendidikan, pendapatan, riwayat penyakit infeksi, asupan gizi, dan sanitasi lingkungan rumah merupakan beberapa faktor yang berkaitan dengan status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh langsung dan tidak langsung faktor biopsikososial dan sanitasi lingkungan rumah terhadap status gizi balita.
Subjek dan Metode: Jenis penelitian analitik observasional de¬ngan pendekatan kohort retrospektif. Lo¬ka¬si penelitian di Kabupaten Nganjuk (Puskesmas Tanjunganom dan Puskesmas Loceret). Waktu penelitian pada bulan Maret-Mei 2017. Pengambilan sampel dengan teknik fixed exposure sampling. Total sampel 136 subjek, 68 subjek status gizi baik (kontrol) dan 68 subjek status gizi kurang dan buruk (kasus). Variabel dependen adalah status gizi menurut BB/U. Variabel independen meliputi asupan gizi, riwayat penyakit infeksi, pendidikan ibu, pendapatan orangtua, sanitasi lingkungan rumah dan stres psikologis ibu. Pengukuran data menggunakan kuesioner, rekam medis, formulir penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil: BB/U dipengaruhi oleh asupan gizi (b= 0.23, SE= 0.00, p= 0.003), pendidikan ibu (b= 0.72, S.E= 0.28, p= 0.012), serta riwayat penyakit infeksi (b= 0.80, SE= 0.29, p= 0.007). Riwayat penyakit infeksi dipengaruhi oleh sanitasi lingkungan (b= 0.31, SE= 0.00, p<0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Terdapat pengaruh langsung antara asupan gizi, riwayat penyakit infeksi, pendidikan ibu dengan status gizi menurut BB/U. Terdapat pengaruh tidak langsung antara sanitasi lingkungan, pendapatan orangtua dengan status gizi menurut BB/U melalui riwayat penyakit infeksi. Terdapat pengaruh tidak langsung antara pendapatan orangtua, riwayat penyakit infeksi, pendidikan ibu terhadap status gizi menurut BB/U melalui asupan gizi. Terdapat pengaruh langsung antara stres psikologis ibu dengan pendapatan orangtua.

Kata Kunci : biopsikososial, path analysis, sanitasi lingkungan, status gizi

×
Penulis Utama : Wiwen Indita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021508081
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Faktor Biopsikososial dan Sanitasi Lingkungan Rumah terhadap Status Gizi Anak Balita di Kabupaten Nganjuk
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kesehatan Masyarakat-S021508081-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Harsono Salimo., dr., Sp.A(K).
2. Dr. H. Endang Sutisna Sulaeman, dr., M.Kes, FISPH, FISCM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.