Penulis Utama : Sondang Kriston Panjaitan
NIM / NIP : S981308008
×

ABSTRAK

Pendahuluan: Laktat merupakan molekul yang secara terus menerus diproduksi oleh tubuh dan telah digunakan sebagai penanda perburukan kondisi umum pada pasien yang dirawat di ruang perawatan intensif. Laktat digunakan sebagai penanda adanya kerusakan  pada  metabolisme tingkat seluler dan memiliki tingkat prognostik yang kuat dalam menentukan tingkat mortalitas. Namun, tidak adanya penanda utama atau kombinasi yang dapat digunakan secara praktis. Penanda prognostik yang dapat digunakan  diantaranya skor APACHE (acute physiology and chronic health evaluation  score), SOFA skor. Namun skor yang komplek tersebut membutuhkan banyak elemen penilaian seperti tanda klinis dan berbagai macam pemeriksaan laboratorium dan  membutuhkan waktu yang tidak singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi perbedaan (clearance) kadar laktat darah dengan skor APACHE II pada pasien sepsis.
Metode: Sampel kadar laktat darah dan data klinis pasien sepsis yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta pada bulan Januari hingga April 2017 dikumpulkan. Data perbedaan (clearance) kadar laktat darah beserta data skor APACHE II kemudian dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 20 (IBM Copr, USA).  
Hasil: Nilai perbedaan clearance Kadar laktat darah (r = 0,040; p = 0,827 ) tidak berkorelasi secara bermakna dengan skor APACHE II (p > 0,05). Nilai clearance Kadar laktat darah (r = -0,083; p = 0,650 ) tidak berkorelasi secara bermakna dengan tingkat mortalitas (p > 0,05). Nilai koefisien regresi clearance laktat adalah ( (B) = – 0,002; p = 0,919) tidak berkorelasi secara bermakna dengan terhadap skor APACHE II (p > 0,05). Nilai koefisien regresi clearence laktat adalah ( (B) = – 0,019; p = 0,736) tidak berkorelasi secara bermakna dengan terhadap derajat mortalitas (p > 0,05)
Kesimpulan: nilai perbedaan (clearance) kadar laktat darah tidak dapat dipertimbangkan sebagai biomarker dan faktor prognosis menggantikan skor APACHE II pada pasien sepsis.

Kata Kunci: Sepsis, skor APACHE II, Clearance Laktat

 

×
Penulis Utama : Sondang Kriston Panjaitan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981308008
Tahun : 2017
Judul : Korelasi Kadar Laktat Darah dengan Skor Apache II Pada Pasien Sepsis di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif- S981308008-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Eko Setijanto SpAn Msi Med KIC
2. Fitri Hapsari,dr., Sp.An,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.