Penulis Utama : Ukti Binti Arifah
NIM / NIP : K6413074
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap civic knowledge siswa (studi pada kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2016/2017), khususnya pada KD 3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan design true experimental design yaitu model posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri  1 Ngemplak tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 385 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling, terpilih dua kelompok sampel yaitu kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, observasi, dan tes objektif. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data kuantitatif dengan analisis uji t-test.
    Berdasarkan hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil tes civic knowledge siswa kelas eksperimen adalah 85,4358 dan kelas kontrol 79,6667. Hasil uji t menunjukkan bahwa uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung>ttabel atau 3,2612 > 1,9908 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis rata-rata menunjukan bahwa civic knowledge siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap civic knowledge siswa (studi pada kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2016/2017), khususnya pada KD 3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kata Kunci: Model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik, civic knowledge siswa.

 

×
Penulis Utama : Ukti Binti Arifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413074
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps) – Heuristik terhadap Civic Knowledge Siswa (Studi pada Kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Teknologi Pendidikan - K6413074-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, SH, M.Hum,
2. Dr. Winarno, S.Pd, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.