Penulis Utama : Mashita Dian Pratiwi
NIM / NIP : K4213049
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) prinsip kesantunan, skala kesantunan, dan pelanggaran prinsip kesantunan pada teks pawarta dalam majalah Panjebar Semangat tahun 2015; (2) relevansi teks pawarta pada majalah Panjebar Semangat tahun 2015 sebagai materi ajar menelaah teks berita siswa kelas VIII SMP.
Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Sumber data yang ada pada penelitian ini berupa dokumen yaitu majalah Panjebar Semangat dan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kajian isi dan wawancara dengan narasumber. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang ada pada penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu: (1) prinsip kesantunan yang paling banyak ditemukan adalah maksim simpati, dan yang tidak ditemukan sama sekali adalah maksim kesederhanaan. Untuk skala kesantunan, yang paling banyak ditemukan adalah skala ketaklangsungan, dan yang paling sedikit ditemukan adalah skala kemanasukaan. Pada pelanggaran prinsip kesantunan, yang paling banyak ditemukan pelanggaran adalah maksim penghargaan, dan yang paling sedikit pelanggarannya adalah maksim kesederhanaan dan maksim simpati; (2) analisis kesantunan pada teks pawarta dalam majalah Panjebar Semangat tahun 2015 relevan jika dijadikan sebagai materi ajar menelaah teks berita siswa kelas VIII SMP.

Kata Kunci: analisis kesantunan, teks berita,  materi ajar

 

×
Penulis Utama : Mashita Dian Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213049
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kesantunan Pada Teks Pawarta alam Majalah Panjebar Semangat Tahun 2015 dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Menelaah Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa- K4213049-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.,
2. Rahmat, S.S., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.