Penulis Utama : Eka Puspita Rini
NIM / NIP : M3514018
×

ABSTRAK

Hand sanitizer merupakan zat antiseptik dengan kandungan zat aktif berupa alkohol dan bahan antimikroba lain yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan Gram negatif pada tangan. Escherichia coli merupakan bakteri Gram negatif sedangkan Staphylococcus aureus merupakan baktei Gram positif  dan keduanya secara alami tumbuh pada tubuh dan kulit manusia. Jumlah konsumen hand sanitizer meningkat karena cara pemakaian yang praktis tanpa memerlukan adanya sumber air.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat 5 merek hand sanitizer gel terhadap E. coli dan S. aureus serta menganalisis faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli hand sanitizer dengan merek tertentu.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian noneksperimental deskriptif.  Penelitian dilakukan dengan pengujian kemunculan zona hambat  hand sanitizer menggunakan metode disc diffusion dan dengan menganalisis waktu penghambatan optimum hand sanitizer terhadap pertumbuhan E.coli dan S.aureus selama waktu pengujian. Analisis faktor perimbangan konsumen dilakukan dengan penyebaran dengan teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling.
Uji zona hambat menghasilkan hanya 3 merek yang memiliki daya hambat terhadap E.coli dan semua merek hand sanitizer memiliki daya hambat terhadap S.aureus. Uji waktu penghambatan optimum terhadap S.aureus yaitu : 1 merek hand sanitizer setelah menit 0 hingga menit ke 12, 2 merek  hand sanitizer  setelah menit ke 6 hingga menit ke 12, 1 merek hand sanitizer setelah menit 0 hingga menit ke 6 serta 1 merek hand sanitizer setelah menit 0 hingga menit ke 3. Iklan merupakan faktor yang paling berpengaruh bagi konsumen dalam membeli hand sanitizer merek tertentu.


Kata kunci : Hand sanitizer,zona hambat, Staphylococcus aureus, Escherichia coli

 

×
Penulis Utama : Eka Puspita Rini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514018
Tahun : 2017
Judul : Uji Daya Hambat Berbagai Merek Hand Sanitizer Gel Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli dan Staphylococcus Aureus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA-Jur. Farmasi-M3514018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Estu Retnaningtyas Nugraheni, S.TP., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.