Penulis Utama : Rizky Hafid Yusa Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412152
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga- K7412152-2016
Subyek : KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh variabel kompetensi guru dan variabel motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Mengetahui pengaruh variabel kompetensi guru terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (3) Mengetahui pengaruh variabel motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kauntiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Kristen 1 Surakarta yang berjumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 siswa yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif dengan desain deskripif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk mengetahui tingkat pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji t dan uji f.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel; 6,526 > 3,180. (2) Terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > tabel; 2,874 > 1,657. (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > tabel; 2,089 > 1,657.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Wasito Adi, M.Sc
2. Drs. Sunarto, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP