Penulis Utama : Nur Aini Wahyu Hidayah
NIM / NIP : S031502016
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas III SD Negeri 02 Troketon Pedan Klaten tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw dan tipe make a match; 2)Untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas III SD Negeri 02 Troketon Klaten tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw dan tipe make a match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N 02 Troketon, Klaten dengan subjek penelitian peserta didik kelas III yang berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. T eknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang  digunakan  adalah   analisis   kualitatif,   analisis   kuantitatif   dan  analisis deskriptif komparatif.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keaktifan peserta didik pada saat pratindakan  peserta didik  tidak ada  yang masuk  kategori aktif  dan sedangkan pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe make a match persentase peserta didik yang masuk dalam kategori aktif  sebesar  12%  atau  sebanyak  3  peserta  didik,  pada  siklus  II  persentase keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 32% atau sebanyak 9 peserta didik, dan siklus III persentase keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi
76% atau sebanyak 19 peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada pratindakan
diketahui  nilai  rata-rata  sebesar  57,88  dengan  presentase  pencapaian  KKM sebesar 44% atau sebanyak 11 peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh  sebesar 60,2 dengan  persentase pencapaian KKM sebesar 52% atau sebanyak 13 peserta didik. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 67 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 64% atau sebanyak 16 peserta didik. Pada siklus III  nilai rata-rata yang diperoleh 74 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 84% atau sebanyak 21 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas III SD N 2 Troketon Klaten tahun pelajaran 2015/2016.

 

×
Penulis Utama : Nur Aini Wahyu Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031502016
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 02 Troketon Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister PGSD-S031502016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, M.Pd
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.