Penulis Utama : Laila Evy Septiana
NIM / NIP : D1115018
×

Abstrak

Kemiskinan merupakan masalah multidimensi yang ditandai oleh rendahnya rata-rata kualitas hidup penduduk, pendidikan , kesehatan , gizi anak- anak.  Berbagai  upaya  pemerintah  Indonesia  untuk  mengentaskan  kemiskinan, salah satunya dengan adanya Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  evaluasi  Program  Keluarga  Harapan (PKH) Pada Dinas Sosial Karanganyar Dalam Pengentasan Kemiskinan di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar khususnya bidang pendidikan SD dengan teori evaluasi program CIPP.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumen dengan pemilihan informan secara puposive sampling.Validitas  data  menggunakan  teknik  triangulasi  sumber  dan  teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Dari  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  evaluasi  Program  Keluarga Harapan (PKH) bidang pendidikan SD di Kecamatan GondangrejoberdasarkanteoriEvaluasi CIPP (Context. Input, Process, Productmenunjukkan  hasil  yang  cukup  baik  jika  ditinjau  dariaspek Context dengan indikator keberhasilan nyana munmasih ada kekurangan dalam pemenuhan sarana pend ukung dalam pelaksanaan program.Pada aspek Input ditinjau dari 2 indikator juga masih adake kurangan dalam hal sosialisasi kepada KPM terkaitsistempenyaluranbantuan yang kebijakannya berubah dari POSke Bank.Kemudian mengenai aspek Process terdapat 4 indikator keberhasilan namun masih ada kekurangan dalam hal kesadaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mengundurkan diri dari kepesertaan.Selanjutnyapadaaspek yang terakhir yaitu aspek Product mempunyai 2indikator keberhasilan namun juga masih ada kekurangan dalam hal pemerataan dan penyebaran informasimengenaisiapa saja yang berhak memperoleh program PKH tersebutsehinggamasyarakatyang tidak memperoleh bantuan mengalami kecemburuansosial terhadap masyarakat lain yg memperoleh bantuan tersebut.

Kata Kunci : Evaluasi Program, Kemiskinan, Program Keluarga Harapan

×
Penulis Utama : Laila Evy Septiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115018
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) pada Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar dalam Pengentasan Kemiskinan di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Administrasi Publik-D1115018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati, M.Si.
2. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.